bdadinfo.com

Hitung Biaya Pakai Mobil Listrik Wuling Air ev Bikin Mingkem Mobil Konvensional - News

Wuling AirEV mobil listrik termurah di Indonesia Foto: ist

- Mobil listrik termurah di Indonesia yakni Wuling Air ev, hadir sebagai model kendaraan dengan fungsional mobil perkotaan yang lincah.

Perannya sebagai kendaraan ramah lingkungan pun, menjadi banyak konsumen memburu mobil racikan pabrik Wuling di Cikarang yang digadang memiliki komponen local purchase terbilang besar yakni sekitar 40 persen.

Wuling Air ev saat ini hadir dengan dua tipe yakni medium range yang memiliki jarak tempuh 200 kilometer dan long range yang mampu menempuh jarak 300 kilometer.

Baca Juga: Laris Manis, Penjualan Wuling Air Ev Meningkat 48 Unit Selama Februari 2023

Paradigma kendaraan listrik bagi konsumen selain ramah lingkungan, juga disebut memiliki cost harian yang jauh lebih murah dibanding mobil mesin konvensional atau bensin, benarkah?

Menghitung keuntungan penggunaan mobil listrik Wuling Air ev, untuk tipe tertingginya yang mampu menempuh jarak 300 kilometer, dibekali baterai dengan tegangan 116 Volt.

Sedangkan arus baterai mencapai 230 Ah, yang jika dikonversikan baterai mobil listrik ini mencapai 26,68 kWh.

Dengan kekuatan baterai yang dimiliki Wuling Air ev tipe tertinggi, jika dikonversikan dengan biaya listrik per kWh yang mencapai Rp1.699,5.

Baca Juga: Jadi Paling Favorit, Wuling Borong Penghargaan di IIMS 2023, Ini Daftarnya

Maka biaya yang dikeluarkan pemilik Air ev untuk menempuh jarak 300 kilometer untuk pengisian tenaga baterai penuh hanya sebesar Rp45.343.

Terlebih jika jarak rumah ke kantor hanya pada kisaran 100 kilometer pulang pergi, maka biaya tak mencapai Rp50 ribu menjadi pengeluaran selama tiga hari pemakaian mobil.

Pengeluaran tersebut sangat murah dibanding mobil konvensional yang jika dihitung rata-rata dalam kondisi macet membutuhkan konsumsi bahan bakar 15 kilometer per liter.

Jika dikalkulasikan dengan biaya bahan bakar pertalite Rp10 ribu per liter, maka biaya yang dikeluarkan untuk menempuh jarak 300 kilometer mencapai Rp200 ribu.

Baca Juga: Keren! 2 Unit Spesial Wuling Air Ev Tampil Menawan di IIMS 2023, Begini Modifikasinya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat