bdadinfo.com

Sejarah Mitsubishi Triton di Indonesia, si Pickup Double Cabin Tangguh Penerjang Jalanan Indonesia - News

Mitsubishi Triton  (Mitsubishi Motors)





- Mitsubishi Motors sejak lama sudah dikenal sebagai produsen kendaraan tangguh yang mampu melahap berbagai medan berat, salah satu kendaraan tersebut adalah pikap double cabin yang jadi andalannya, Mitsubishi Triton.

Triton saat ini digadang gadang akan segera memiliki penerusnya meskipun masih berupa konsep. Mitsubishi menamainya dengan XRT Concept.

Saat ini concept dari pickup double cabin tersebut dipamerkan di ajang Bangkok International Motor Show ini sudah membuat orang berspekulasi kalau concept ini bakal jadi penerus dari Mitsubishi Triton.

Bicara soal sejarah Mitsubishi Triton, Pickup double cabin ini punya cerita yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan produk pick-up bonnet-less atau tanpa hidung andalan Mitsubishi yang punya sapaan Mitsubishi Colt L300.

Baca Juga: Hotel Santika Premiere dan Amaris Padang Beri Penawaran Spesial Ramadhan

Karena baru pada tahun 2002 Mitsubishi Triton diperkenalkan dan dipasarkan untuk konsumen Indonesia dengan nama resmi Mitsubishi L200 Strada, alias usianya kini di Indonesia sudah 18 tahun.

Lantas bagaimana sejarah perjalanan Triton menemani masyarakat Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mitsubishi Multistrada L200 (2002)
Ini adalah generasi pertama dari Mitsubishi Triton yang hadir di Tanah Air pada tahun 2002 silam. Wujud Mitsubishi Strada L200 ini hadir dengan bentuk double cabin.

Memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia untuk kendaraan pikap yang tangguh, Mitsubishi Strada L200 ini dibekali mesin 4D56 2.5 Liter dengan teknologi intercooler.

Baca Juga: 5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental, Nomor Terakhir Banyak Orang Belum Tahu!

Tenaga Strada L200 ini mampu menghasilkan hingga 100 hp dengan torsi 245 Nm, didukung transmisi 5 speed manual dan 4 speed otomatis.

Ada cerita unik mengenai sejarah Mitsubishi Triton mengapa pada saat dipasarkan pertama kali di Indonesia Mitsubishi Triton diberi nama Mitsubishi L200 Strada.

Hal tersebut dikarenakan kode L200 itu diambil dari mobil light commercial Mitsubishi yang bentuknya pick-up, seiring berjalannya waktu pick-up tersebut diberikan kabin tambahan untuk penumpang belakang.

2. Mitsubishi Strada Triton (2008)
Pada tahun 2008 Mitsubishi menghadirkan generasi kedua dengan mengusung nama Strada Triton dengan perubahan total.

Peningkatan signifikan terdapat pada sektor mesin untuk varian GLS dan Exceed menggunakan mesin 4D56 2.500.cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Commonrail. Sedangkan untuk varian GLX menggunakan mesin 4M40 berkapasitas 2.800 cc.

Baca Juga: Catat Ya! 8 Fitur Penting di HP Realme C55 yang Berguna Untuk Keperluan Harian

Awal tahun 2010, Strada Triton mendapatkan minor facelift serta menambahkan tipe baru yaitu GLS AB Double Cabin dengan tambahan Airbag dan Rem ABS, sekaligus memperkenalkan fitur modern Easy Select 4WD.

3. Mitsubishi Strada Triton Hi Power (2014)
Enam tahun berselang, MMKSI menghadirkan generasi terbaru Mitsubishi Strada Triton Hi-Power pada 2014 yang mengusung mesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT). Hadirnya generasi terbaru ini juga lengkap dengan tampilan eksterior dan interior mewah layaknya kendaraan penumpang kelas atas.

Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power dilengkapi dengan transmisi INVECS II 5-speed AT with Sport Mode yang memberikan perpindahan kecepatan yang halus serta dapat menciptakan profil kendaraan yang sesuai dengan karakteristik pengemudi.

Kendaraan Double Cabin ini juga dilengkapi dengan Easy Select 4WD Shift-on-fly yang memungkinkan pengemudi memindahkan sistem penggerak 2WD ke 4WD saat kendaraan sedang berjalan (selama kecepatan masih di bawah 100 km per jam).

Selain itu, Triton di generasi ini juga menjadi basis dari mobil SUV yang terkenal hingga sekarang yaitu Mitsubishi Pajero Sport.

4. Mitsubishi Triton (2015)
Diluncurkan pada tahun 2015, generasi baru dengan nama Mitsubishi Triton diluncurkan dengan mengusung tagline “Sport Utility Double Cabin” dengan 4 konsep yaitu Modern, Fungsional, Handal dan Nyaman. Triton juga mengunggulkan desain bak yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Untuk area mesin, Triton ini masih menggunakan mesin 4D56 2.5 liter 4-silinder DI-D Commonrail dengan Turbocharger VGT.

Tenaganya mampu menghasilkan 176 hp pada 4000 rpm dan torsi 40.8 kgm di 2000 rpm. Triton ini mengalami peningkatan pada torsi dibandingkan pendahulunya yang berada di angka 35.7 kgm pada 1800-3500 rpm.

Mitsubishi Triton ini juga sudah dibekali dengan fitur keamanan canggih, seperti SRS Airbag, immobilizer, collapse steering column, ABS – EBD dan sasis dilengkapi Reinforced Impact Evolution.

5. Mitsubishi Triton Athlete (2018)
Varian Triton Athlete diperkenalkan di Indonesia  di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Triton Athlete hadir dengan penyegaran utama dari segi tampilan eksterior dan interior yang lebih sporty dan stylish serta tangguh untuk berpetualang.

Kenyamanan disuguhkan melalui keyless operation system, push start button dan leather seat material dengan power seat dengan paduan aksen hitam dan oranye pada interior.

Pada sisi eksterior Triton Athlete menawarkan penyegaran pada desain, seperti Grill hitam yang sporty, Stylish Sporty Bar; Roda 17 inch Alloy warna hitam, Sporty Front Bumper Garnish, Stylish Body Stripping, Stylish Gate Spoiler, Side Step hitam, Sporty Rear Bumper, gagang pintu warna hitam, Electric Folding Door Mirror warna hitam, dan Lampu depan HID yang dilengkapi dengan DRL.

Spesifikasi mesin yang ditawarkan masih serupa dengan varian sebelumnya, yaitu Berkode 4D56, mesin 2.5 liter dengan VGT mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 HP dan 400 Nm. Mesin dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 5-percepatan.

6. Mitsubishi New Triton (2019)
Pada bulan juli tahun 2019, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia menghadirkan generasi terbaru untuk Triton dengan memasarkan New Triton di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Kendaraan ini sudah memiliki tampilan yang lebih segar berkat desain khas Dynamic Shield dari Mitsubishi Motors.

Generasi baru dari Mitsubishi New Triton ini  punya disematkan dengan mesin baru berkode 4N15 yang sama dengan milik Pajero Sport. Mesin ini berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder, turbocharger.

Tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin ini mencapai 180 hp. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi yakni 5 dan 6 percepatan manual, serta 6 percepatan otomatis.

Percepatan manual 5 speed hanya tersedia pada Mitsubishi New Triton varian terendah single cabin.

New Mitsubishi Triton 2019 ini masuk ke Indonesia dalam enam tipe, yakni GLX Single Cabin, HDX Single Cabin, HDX Dual Cabin, GLS Dual Cabin, Exceed Dual Cabin, dan Ultimate Dual Cabin.

Itulah tadi sejarah dari Mitsubishi Triton, berawal dari nama Strada hingga resmi menjadi Triton seperti sekarang. Triton sudah menemani masyarakat Indonesia selama 18 tahun lamanya.

Ini karena Triton tangguh menerjang jalanan Indonesia yang terkenal masih belum memadai hingga dibutuhkan kendaraan yang bisa menerjang jalanan rusak hingga Offroad. Dan Triton mampu membuktikan bahwa mobil ini cocok untuk kondisi geografis di Indonesia.

Harga dari Mitsubishi Triton
Sebagai tambahan, dilansir dari Mitsubishi Motors.co.id, berikut harga dari varian dari Mitsubishi Triton
- Triton HDX MT Double Cab 4WD:Rp 413,5 Juta
- Triton GLS MT Double Cab 4WD:Rp 434,5 Juta
- Triton Exceed MT Double Cab 4WD:Rp 469,9 Juta
- Triton Ultimate MT Double Cab 4WD: Rp 510 Juta ***


Terkini Lainnya

Tautan Sahabat