bdadinfo.com

Apa Iya Emas Sumatera Dipercaya Punya Kualitas Lebih Baik dari Emas Jawa, Temukan di SIni Jawabannya - News

Emas sumatera apakah lebih bagus dari emas sumatera. (dtcwonokromo.com)

– Pesona emas baik berbentuk perhiasan maupun dalam bentuk batangan masih menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Saat membeli di toko, beberapa diantara konsumen menanyakan ke penjual apakah yang dijual itu emas sumatera atau emas jawa.

Lantas pertanyaannya apa perbedaan antara emas sumatera dengan emas jawa? Jawabannya adalah mengapa ada sebutan emas sumatera dan emas jawa adalah dilihat dari wilayah produksi emas tersebut.

Emas sumatera umumnya dibeli di toko emas yang berlokasi di Pulau Sumatera yang kebanyakan dari Kota Medan, Palembang dan Lampung. Di ketiga kota tersebut, banyak toko emas yang menjual logam mulia favorit kaum hawa ini.

Baca Juga: Spot Baru Menikmati Sunset, Taman Muaro Lasak Padang jadi Tujuan bagi yang Mengincar Taman Kota yang Asri

Sedangkan emas jawa kebanyakan wilayah yang banyak memiliki toko emas adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan dibandingkan Jakara dan Banten kedua wilayah tersebut lebih banyak jumlah toko emasnya.

Perbedaan antara emas sumatera dan emas jawa juga bisa dilihat dari kadarnya. Umumnya emas 24 di Sumatera memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan yang ada di Pulau Jawa.

Namun, ada juga toko emas yang menjual emas 24 dengan kadar yang lebih rendah daripada yang di Pulau Jawa

Terakhir, perbedaan emas Sumatera dan Jawa bisa dilihat dari bentuknya. Emas Sumatera kebanyakan memliki rantai yang kopong, tidak full dan lebih lebar. Sedangkan emas Jawa memiliki bentuk padat, kuat dan kokoh.

Baca Juga: Bukan Hanya Proyek Mangkrak, Ini Deretan Kota Mati di Indonesia yang Ditinggal Penghuninya, Ada Sumatera?

Pertanyaan berikutnya apakah emas sumatera lebih bagus daripada emas jawa? Belum tentu. Memang emas sumatera rata-rata memiliki kadar yang lebih tinggi daripada emas Jawa.

Namun harus diketahui bahwa emas yang dijual di Pulau Sumatera memiliki kadar yang lebih tinggi akan dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan yang dijual di Pulau Jawa dengan kadar yang lebih rendah.

Bisa disimpulkan kualitas emas tidak dipengaruhi oleh wilayahnya. Artinya, emas sumatera dengan kadar 99% seberat 10 gram dengan emas jawa 99% dengan berat yang sama akan memiliki harga yang selisihnya tidak terlalu jauh.

Baca Juga: 'Jokowi Effect', Jalan di Bengkulu Langsung Dibikin Mulus Pakai Aspal Karet dan Buton Usai Disidak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat