bdadinfo.com

Perangi Stunting untuk Generasi Emas, BKKBN dan Komisi IX DPR-RI Gelar Sosialisasi di Kabupaten Agam - News

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerja sama dengan Komisi IX DPR-RI menyelenggarakan program sosialisasi keluarga berencana (Harianhaluan.com/Vesco)

- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerja sama dengan Komisi IX DPR-RI menyelenggarakan program sosialisasi keluarga berencana, dengan fokus pada upaya pencegahan stunting, di Aula Kantor Wali Nagari Cingkariang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam Kamis, 24 Juli 2023.

Kegiatan itu menjadi saksi perwujudan langkah konkret dalam mengatasi stunting di Indonesia guna mempersiapkan generasi muda agam untuk memimpin Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR-RI, Ade Rezki Pratama, dalam kesempatan itu menyoroti sebuah survey yang menempatkan Indonesia di peringkat 10 dari 11 negara Asia Tenggara dalam hal IQ anak-anak. Oleh karena itu, menurutnya perlu adanya tindakan nyata untuk mengubah keadaan tersebut.

Baca Juga: Satu-satunya di Sumatera Barat! Pengantin Pria di Daerah Ini Kenakan 'Suntiang' Dalam Pesta Pernikahan

Menurut Ade Rezki Pratama, stunting yang dimana kondisi gagal tumbuh pada anak yang menyebabkan pendeknya tubuh, harus menjadi sorotan utama dalam program pencegahan stunting.

"Pencegahan stunting memerlukan pengukuran secara berkala, baik di puskesmas maupun posyandu. Kabupaten Agam kini menghadapi tantangan serius dengan 2.009 anak mengalami stunting dan di Kecamatan Banuhampu terdapat 225 anak yang mengalami stunting," ucapnya.

Dalam upaya menangani masalah ini, Camat Banuhampu, Susi Karmila, menyatakan bahwa telah dibentuk tim percepatan penurunan stunting dan tim pendamping keluarga untuk mengidentifikasi akar masalah penyebab stunting.

Baca Juga: Anggota DPR-RI Ade Rezki Pratama Soroti Kesehatan dan Kendala Sistemik dalam Pelaksanaan Haji 1444 Hijriah

"Melalui acara 'Rembuk Stunting' di tingkat kecamatan, diharapkan upaya percepatan penanganan stunting dapat diberi dukungan oleh berbagai pihak," tuturnya.

Wali Nagari Cingkariang, Tos Helmadi sebagai tuan rumah menyambut baik kegiatan ini dan menyatakan bahwa upaya percepatan penanggulangan stunting di Kabupaten Agam, terutama di Nagari Cingkariang, menjadi lebih kuat melalui program sosial dan penyuluhan di fasilitas kesehatan seperti posyandu.

Semua pihak berharap angka stunting dapat ditekan dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam program ini.

Baca Juga: Kenangan Masa Kecil Bung Hatta, Wali Kota Bukittinggi dan Cilegon Berbagi Momen Bersejarah

Melalui upaya bersama BKKBN dan Komisi IX DPR-RI, diharapkan generasi anak Indonesia akan tumbuh menjadi generasi emas yang penting bagi kemajuan Indonesia ke depannya.

Sosialisasi program keluarga berencana ini menjadi langkah awal yang berarti dalam mengatasi stunting dan mencapai masa depan yang lebih gemilang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat