bdadinfo.com

Cuaca Masih Panas, Waspadai Penyakit yang Rawan Menyerang Mulai dari Migrain Hingga Heat Stroke - News

Cuaca panas, waspadai penyakit yang rawan menyerang mulai dari migrain hingga heat stroke. (Pixabay.com/Gerd Altmann )

– Fenomena cuaca terik masih melanda Indonesia dan menimbulkan banyak kerugian salah satunya membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu.

Selain mengganggu aktivitas, cuaca terik ini juga menyebabkan terjadinya berbagai potensi penyakit yang dapat menyerang masyarakat mulai dari migraine hingga heat stroke.

Terlebih bagi yang tidak melakukan persiapan yang baik dan benar dalam menghadapi cuaca yang panas seperti saat ini, waspadai beberapa penyakit yang rawan menyerang.

Baca Juga: Penembak Kantor MUI Berumur 60 Tahun, Kapolda Metro Jaya Singgung Alasan Tindakan Pelaku

Suhu panas yang menyengat tidak hanya menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak nyaman, tetapi  juga dapat mengakibatkan tubuh rentan terserang berbagai penyakit. 

Hal ini dikarenakan kenaikan suhu tubuh yang terlalu cepat akibat pengaruh eksternal mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu yang dapat menyebabkan serangkaian penyakit

Salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat dan sebagai persiapan yang bisa dilakukan dalam menghadapi cuaca panas seperti saat ini adalah dengan rutin minum dan tidak menunggu haus.

Baca Juga: Peringati Hari Pendidikan Nasional, Presiden Jokowi Titip Pesan Penuh Makna Tak Hanya untuk Pelajar

Selain itu juga rutin menggunakan sunscreen minimal SPF 30, hingga meminimalisir kegiatan seperti olahraga dan bermain di luar ruangan yang menyebabkan kulit terpapar matahari secara langsung.

Berbagai persiapan yang telah disebutkan di atas, merupakan upaya yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari berbagai penyakit penyerta musim panas, di antaranya sebagai berikut:

  1. Dehidrasi, Heat stroke, dan iritasi kulit

Ditandai dengan kelelahan, kulit kering serta warna air kencing yang keruh.

Risiko Heat Stroke juga perlu diwaspadai, karena dapat memperparah riwayat penyakit yang diderita seseorang, kejadian Heat Stroke di awali karena kelelahan akibat dehidrasi.

Baca Juga: Tio Pakusadewo Beberkan Kesenjangan di Blok Koruptor dan Napi Biasa: Fasilitas Keren Udah Kaya di Rumah

  1. Sakit kepala sebelah (Migrain)

Akibat terpapar panas matahari ataupun terpapar polusi yang berlebihan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat