bdadinfo.com

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kota Ini Disebut Kota Pancasila dan Cocok Untuk Destinasi Wisata Sejarah Loh - News

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kota Ini Disebut Sebagai Kota Pancasila dan Cocok Untuk Destinasi Wisata (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

– Tanggal 1 Juni di Indonesia selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila.

Uniknya lagi, terdapat salah satu kota di Indonesia yang juga disebut sebagai kota Pancasila dan cocok untuk destinasi wisata sejarah loh.

Ada di mana ya? Simak artikel berikut sampai habis.

Baca Juga: Unggahan Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila dari Jokowi Bikin Netizen Salfok dengan Sosok Aldi Taher

Sebagai bulan kelahiran Pancasila, bulan Juni juga kerap disebut sebagai Bulan Pancasila sebagai lahirnya Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia.

Nyatanya, salah satu momen penting tersebut ternyata berkaitan erat dengan salah satu kota di Indonesia, yakni Kota Ende.

Begitu melekatnya antara Pancasila dengan Kota Ende sampai-sampai Kota Ende dijuluki sebagai Kota Pancasila.

Baca Juga: KAI Rilis Peluncuran 5 Armada Kereta Baru, Intip Rute dan Tarif Promo Menarik Terbaru yang Ditawarkan

Usut punya usut, rupanya pemberian julukan tersebut bukan tanpa alasan atau hanya asal-asalan.

Melainkan karena terjadinya peristiwa sejarah di masa lalu ketika selama empat tahun, Bung Karno, pernah ‘dibuang’ ke kota tersebut oleh pemerintah Kolonial pada masa pemerintahan kala ini.

Lalu ketika dalam masa ‘pembuangan’ tersebut, presiden pertama Indonesia tersebut kemudian mendapatkan ide, gagasan, juga inspirasi mengenai kebangsaan dan kebhinnekaan khususnya dalam merumuskan Pancasila pada masa pengasingan di Kota Ende tersebut.

Baca Juga: Antisipasi Ancaman Potensi Gempa Megathrust, Siapkan Tas Siaga Bencana dengan Perlengkapan Penting Berikut

Kendati dijuluki sebagai Kota Pancasila karena berkaitan erat dengan peristiwa sejarah yang penting itu, Kota Ende juga dikenal sebagai salah satu kota wisata yang memiliki destinasi wisata menawan.

Beberapa destinasi wisata yang menarik pelancong di antaranya ada museum, perbukitan, daerah pantai yang indah juga desa wisata yang sangat pas dikunjungi pada hari ini sekaligus untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di kota yang disebut-sebut sebagai Kota Pancasila ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat