bdadinfo.com

Mengenal Sosok Syarifah Nawawi, Perempuan Minangkabau yang Buat Patah Hati Seorang Tan Malaka - News

Syarifah Nawawi, perempuan Minangkabau yang buat patah hati Tan Malaka (Youtube Inodnesia Insider)

- Tan Malaka atau nama aslinya adalah Ibrahim, merupakan tokoh pahlawan nasional dari Sumatera Barat yang dijuluki sebagai Bapak Republik.

Ibrahim yang bergelar Datuk Sultan Malaka atau lebih dikenal dengan Tan Malaka lahir di Nagari Pandam Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Tan Malaka menolak perjodohan dan lebih memilih menjadi Datuk ternyata di hatinya telah terukir nama seorang gadis Minang yang cantik dan juga pintar yaitu Syarifah Nawawi.

Baca Juga: Selain Tindak Plat RFS dan RFP, Polda Metro Sasarkan 14 Pelanggar dalam Operasi Patuh Jaya 2023

Daripada harus kawin dengan perempuan pilihan ibunya, Tan Malaka lebih memilih gelar Datuk agar kelak dapat mempersunting sang gadis Syarifah Nawawi.

Syarifah Nawawi adalah cinta pertama dan juga cinta sejati Sang Bapak Republik Indonesia itu meski kemudian mimpi Tan Malaka tak pernah terwujud.

Cinta Pertama Tan Malaka bersemi di kala ia bersekolah di KweekSchool di Bukittinggi, Syarifah Nawawi adalah angkatan tahun 1907 di sekolah itu.

Walaupun Tan Malaka akhirnya harus bersekolah di Belanda, tanpa pernah melupakan Syarifah dia selalu rajin mengirimkan surat kepada gadis itu.

Baca Juga: Penambahan Game di Xbox Game Pass Juli 2023: Akan Ada Berbagai Kemungkinan

Tetapi cinta Tan Malaka berakhir bertepuk sebelah tangan, Syarifah tak pernah sekalipun membalas surat-surat dari Tan Malaka,

Syarifah Nawawi merupakan gadis Minangkabau kelahiran tahun 1896, ayahnya bernama Nawawi Sutan Makmur seorang guru bahasa Melayu di Kweekschool Bukittinggi.

Ibunya adalah seorang wanita Minang Bernama Fatimah.

Tamat dari Kweekschool Bukittinggi, Syarifah bersama dengan saudara perempuannya Syamsiah dikirim oleh ayahnya ke Salemba School di Batavia.

Syarifah Nawawi dalam satu waktu tamasya ke Cianjur bertemu dengan Raden Arya Wiranata Kusuma, yang waktu itu merupakan Bupati Cianjur dan justru malah jatuh cinta kepada Syarifah.

Baca Juga: 4 Gunung di Sumatera Barat yang Selalu Menjadi Primadona Bagi Pendaki : Pecinta Adrenalin Boleh Coba!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat