bdadinfo.com

Santiang! Orang Minangkabau Ini Ternyata Pendiri Negara Filipina - News

Santiang! Orang Minangkabau Ini Ternyata Pendiri Negara Filipina

- Filipina dikenal sebagai negara di Asia Tenggara yang identik dengan Spanyol hal itu bukan tanpa sebab di negeri tetangga Indonesia tersebut.

Filipina Merupakan bekas koloni bangsa Spanyol di masa lalu tak hanya dengan tahu Filipina lihatnya setempat dipimpin oleh Putra Indonesia asal Minangkabau yaitu Raja Sulaiman.

Islam pernah berjaya di Filipina selama beberapa dekade bahkan sempat menjadi agama mayoritas di negara bekas koloni bangsa Spanyol itu kerajaan Manila juga disebut kota selalu adalah gabungan kerajaan-kerajaan Islam.

Baca Juga: Panji Gumilang Bantah Al Zaytun Sesat, Ini Klarifikasinya Soal Saf Shalat Hingga Isu Memperbolehkan Zina

Yang pernah memerintah kawasan Manila-Filipina pada pertengahan abad ke-16 terdapat tiga raja yang memerintah kawasan ini mereka adalah raja Sulaiman Rayama tanda Raja Lavandula Manila saat itu adalah negeri Islam paling utara di nusantara.

Dan menjalankan hubungan dengan Kesultanan Brunei Kesultanan Sulu dan kesultanan Ternate Islam datang di Manila pada tahun 1565 mengikuti pedagang-pedagang Melayu dari Indonesia.

Berdasarkan sejarah sebelum negara Filipina menjadi negara republik ternyata dahulunya negara Filipina adalah sebuah kepulauan rumpun Melayu yang pada zaman dahulu dijadikan tempat singgah para pedagang muslim dan ulama asal India dia Timur dan Gujarat.

Konon Pulau pertama yang disinggahi pertama kali adalah kepulauan Sulu atau lebih dikenal sebagai Kesultanan Sulu sangat kental dengan nuansa keturunan suku Minang.

Santiang! Orang Minangkabau Ini Ternyata Pendiri Negara Filipina
Santiang! Orang Minangkabau Ini Ternyata Pendiri Negara Filipina

Jika e-learning ini sungguh ingin menyentuh dahulu kala diyakini banyak dari orang-orang Minang yang melakukan pola migrasi atau Merantau Kesultanan Sulu atau ke kepulauan Sulu.

Tersebarnya agama Islam di Filipina dibawa oleh Putra Indonesia asal Minangkabau yaitu Raja Sulaiman. Catatan sejarah menyebut sebelum kedatangan bangsa Spanyol Filipina berada dibawah kekuasaan raja sulaiman dari Minangkabau yang merupakan pendiri Filipina.

Raja Sulaiman merupakan tokoh ulama dari Minangkabau yang turut menyebarkan agama Islam di Manila bersama Raja Bagindo yang telah menyebarkan ajaran Islam di Serawak Sabah Brunei

Bahkan Kalimantan bagian utara mereka berdua merupakan pendiri Kesultanan Sulu yang saat ini sudah menjadi kota Manila disana. Ia telah menyebarkan agama Islam hingga ke pelosok Negeri Raja Sulaiman dan Raja Matanda menguasai Area Selatan Sungai passing yang saat ini
bernama Manila.

Sedangkan Raja lavandula menguasai di bagian utara konon penamaan kota Manila juga berasal dari kata Fiamanillah yang berarti dibawah lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat