bdadinfo.com

Selain Sumatera Barat, Ternyata Dahulu Ada Sumatera Timur, Medan Jadi Ibukotanya - News

Negara bagian RIS, Negara Sumatera Timur (Youtube The Shiny Peanut)

- Beberapa orang mungkin bertanya-tanya mengapa di Indonesia ini ada Provinsi Sumatera Barat namun tidak ada Provinsi Sumatera Timur.

Tidak diketahui secara pasti mengapa tidak ada Provinsi Sumatera Timur tercantum di negara Indonesia, namun jika melihat kembali sejarah yang ada Sumatera Timur pernah eksis sebagai suatu negara bagian bukan sebuah provinsi.

Dahulu, awal kemerdekaan Indonesia terbentuklah satu negara bagian yang berisi sekumpulan orang atau persekutuan anti republik di bawah nama Negara Sumatera Timur.

Baca Juga: Crazy Rich Keturunan Minang Ahmad Sahroni punya Harta Rp228 Miliar, Paling Banyak di Sini!

Negara Sumatera Timur merupakan wilayah bagian Negara Republik Indonesia namun memilih merdeka sendiri pada 25 Desember 1947.

Negara Republik Indonesia merupakan salah satu negara bagian dari Republik Indonesia Serikat.

Zaman Republik Indonesia Serikat, Indonesia berdiri atas beberapa negara bagian. Selain Negara Sumatera Timur, terdapat pula Negara Republik Indonesia, Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, serta Negara Sumatera Selatan.

Berdiri sendiri, ibukota Negara Sumatera Timur pada waktu itu adalah Medan dan dipimpin oleh presiden Tengku Mansoer tanpa memiliki perdana menteri.

Adapun wakil presiden Negara Sumatera Timur pada waktu itu adalah Raja Kaliamsyah Sinaga yang merupakan tokoh dari Kerajaan Tanah Jawa Simalungun.

Negara Sumatera Timur menganggap Negara Republik Indonesia adalah negara boneka yang dibentuk Belanda.

Pembentukan negara ini juga disebut dilatarbelakangi oleh kesamaan nasib para tokoh yang menjadi korban penyerangan dan pembantaian faksi komunis dan republik pada tahun 1946.

Atas alasan itulah ia berpisah dari negara Republik Indonesia wilayah negara Sumatera Timur mencakup kawasan Sumatera Timur dan sebagian wilayah Riau.

Selain itu, Negara Sumatera Timur juga dikenal memiliki kekayaan melimpah berupa minyak dan perkebunan.

Keinginan untuk melindungi kekayaan alam ini dari incaran Belanda dan banyak pihak lain juga menjadi faktor berdirinya Negara Sumatera Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat