bdadinfo.com

Bukan Cuma Trans Sumatera, Ini Deretan Ruas Tol Terpanjang di Indonesia yang Mencapai Ratusan Kilometer - News

5 Tol Terpanjang di Indonesia (Tangkapan layar)

- Pemerintah Indonesia sekarang ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan, termasuk membuat jalan tol di beberapa daerah.

Dari banyaknya tol ini, ada Trans Sumatera yang disebut memiliki total panjang yang mencapai 2.818 kilometer dari Lampung hingga Aceh. Namun, itu keseluruhan.

Ada beberapa ruas tol yang terpanjang di Indonesia, dan diantaranya bukan dari bagian Tol Trans Sumatera yang menghubungkan kota-kota besar di pulau besar terbarat di Indonesia tersebut.

Baca Juga: Intip Kekayaan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Sekaligus Istri Walikota Batam, Punya Harta Rp55 Miliar!

Nah, tol sendiri bagi warga Indonesia diartikan sebagai jalan bebas hambatan. Tidak ada salahnya, tapi TOL adalah sebuah singkatan dari Tax on Location, yang artinya pajak di lokasi.

Nah, selain memiliki jalur terpanjang, jalan tol berikut ini mempunyai tarif yang cukup mahal pula untuk dilewati oleh kendaraan yang akan memakainya.Lalu, ruas tol mana sajakah yang merupakan terpanjang di Indonesia ini? Simak daftarnya:

1. Tol Cipali

Pertama, ada Tol Cipali yang memiliki panjang mencapai 116,75 kilometer dan jadi yang terpanjang di pulau Jawa.

Jalan tol ini melintasi lima kota besar di provinsi Jawa Barat bagian utara, yaitu Purwakarta, Subang, Majalengka, Indramayu, dan Cirebon.

Jalan tol Cipali memiliki sejarah dengan masa pembangunan yang lama. Nyatanya, ruas tol ini memulai pembangunannya di tahun 1996 pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto.

Sayangnya, karena krisis tahun 1998 membuat pembangunan tol ini diberhentikan. Lalu, kembali dilanjutkan pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tanggal 28 November 2011.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Terjadi di Jalan Raya Bukittinggi-Batusangkar, Seorang Pelajar Meregang Nyawa

Dan, tol ini baru selesai di era selanjutnya, yaitu pada masa kepemimpinan Presiden Jokowi tepatnya tanggal 12 Juli 2015.

Terhitung pembangunan tol yang merupakan singkatan dari Cikopo-Palimanan (Cipali) ini membutuhkan waktu hampir dua dekade dengan memakan investasi mencapai Rp13,7 Triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat