bdadinfo.com

Di Jawa Ada Es Krim Oen, Sumatera Ada Tip Top Restaurant yang Hadirkan Es Krim Legendaris Medan Sejak 1929 - News

Toko es krim legendaris di Sumatera, Tip Top Restaurant, Medan. (tiptop-medan.com.)

- Pernah mendengar ketenaran es krim Toko Oen di Malang atau Ragusa di Jakarta? Bagi yang mau berwisata ke Pulau Sumatera bisa dicoba es krim dari Tip Top Restaurant.

Kuliner es krim emang cukup umum, tapi memang hanya beberapa tempat yang terbilang legendaris dan recommended, salah satunya di Tip Top Restaurant yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

Embel-embel es krim legendaris pun didapat karena tempat seperti Tip Top Restaurant asal Sumatera ini sudah menjajakan es krim sejak zaman penjajahan Belanda.

Baca Juga: Sederet Prestasi Sutan Riska Tuanku, Bupati Milenial Dharmasraya, Nomor 2 Raih Penghargaan dari Jokowi

Mayoritas orang mungkin lebih kenal dengan nama Toko Ragusa dan Oen, es krim yang disajikan punya konsep jadul yang kental akan nostalgia masa lalu. Terlebih, ambience dari tempatnya pun dibuat masih otentik tampilan lawasnya.

Nah, Tip Top Restaurant adalah salah destinasi wajib bagi wisatawan penikmat es krim yang penasaran mencoba es krim di luar Pulau Jawa.

Tip Top Restaurant sendiri sudah berdiri sejak 1929 dengan nama “Jangkie” yang diambil dari nama sang pemilik yaitu Jangkie.

Baca Juga: Latar Cerita Novel Sejarah Tentang Gajah Mada, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 40 41 42

Awalnya restoran yang dulunya berfokus ke bisnis roti ini terletak di Jalan Pandu, Medan, Sumatera Utara.

Pada 1934, Kedai Jangkie berpindah ke Jalan Ahmad Yani di daera Kesawan. Namanya ikut berganti menjadi Tip Top Restaurant, karena itulah label yang dipakai adalah “Est. Since 1934”.

Di era penjajahan Jepang (1942-1945) nama Tip Top dilarang dan memaksa restoran satu ini kembali memakai nama “Jangkie” kembali. Baru setelah Indonesia merdeka nama Tip Top kembali dipergunakan.

Baca Juga: Bantu Kebutuhan Gas Elpiji di Padang, Wako Hendri Septa Apresiasi Andre Rosiade

Meski memakai label “Since 1934”, bagi turis yang suka menilik sejarah pasti akan heboh ketika mengetahui kalau Tip Top Restaurant justru sudah ada sejak 1929.

Es krim yang disajikan oleh Tip Top sangat terasa tampilan jadulnya berkat mangkok berkaki panjang yang berbahan alumunium. Tak semua menu es krim menggunakan mangkok tersebut ada juga yang hanya menggunakan piring kecil dan juga piring memanjang.

Bicara soal menu yang menggiurkan, Tip Top menyediakan berbagai menu es krim berbagai rasa yang juga memakai topping buah-buahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat