bdadinfo.com

Tak Kalah Dari Danau Toba, Danau Kumbang Jambi ini Juga Cocok Buat Trekking - News

Danau Kumbang di Jambi. (dok. tempatwisata.pro)

- Pulau Sumatera terkenal akan gunungnya yang menjulang tinggi, dan tak kalah indah dari Pulau Jawa. Sebut saja Gunung Talamau di Sumatera Barat, Gunung Leuser di Aceh, hingga Gunung Kerinci di Jambi.

Ternyata, Jambi memiliki lebih dari sekadar Gunung Kerinci, yaitu Gunung Masurai. Gunung Masurai Terletak di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Tersembunyi di balik gunung tersebut, terdapat Danau Kumbang yang mempesona, seperti informasi yang dilansir dari kanal Youtube Rikas Harsa, dilansir Sabtu, 5 Agustus 2023.

Baca Juga: Potensi Jadi Destinasi Wisata Baru, Festival Pacu Sampan Pekanbaru Bakal Dijadikan Event Tahunan

Meskipun Gunung Masurai di kabupaten Merangin tidak setinggi Gunung Kerinci di kabupaten Kayu Aro, keduanya sama sama berlokasi di provinsi Jambi.

Danau Kumbang berada di wilayah Gunung Masurai, lebih tepatnya terletak di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Sungai Tenang, dan Jangkat.

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan danau ini, anda harus mendaki gunung dahulu, dengan titik pendakian yang dapat dimulai dari Desa Sungai Lalang.

Baca Juga: Intip Jejak Pujangga Lama di Sumatera: Punya Peran Penting dalam Perjalanan Panjang Sastra Indonesia

Untuk mencapai Desa Sungai Lalang, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 100 kilometer dari kota Jambi dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam.

Anda bisa kesana dengan bus umum atau pakai kendaraan pribadi.

Setibanya di Desa Sungai Lalang, Anda dapat mengunjungi komunitas pecinta alam setempat dan mendaftarkan diri.

Perjalanan Pendakian Ke Danau Kumbang

Perjalanan menuju Danau Kumbang dimulai dengan melewati ladang dan perkebunan kopi. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pintu rimba adalah sekitar 3 jam.

Baca Juga: Polda Benarkan Amankan Belasan Orang dari Kericuhan di Masjid Raya Sumbar: Indikasi Ajak Bertahan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat