bdadinfo.com

Polda Benarkan Amankan Belasan Orang dari Kericuhan di Masjid Raya Sumbar: Indikasi Ajak Bertahan - News

Situasi Masjid Raya Sumatera Barat pascariuh pemulangan massa aksi Ari Bangis ke Pasaman Barat (harianhaluan.com/Jefrimon)

- Kericuhan terjadi di Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) saat personel dari Polda Sumbar memaksa ratusan masyarakat Air Bangis Pasaman Barat kembali ke kampungnya, Sabtu 5 Agustus 2023.

Dalam kericuhan tersebut, dikabarkan sebanyak 15 orang yang diantaranya massa aksi, pendamping hukum dan mahasiswa turut diamankan personel kepolisian.

Karo Ops Polda Sumbar, Kombes Pol Djajuli menyebutkan, 15 orang tersebut terpaksa diamankan karena diduga memprovokasi massa untuk tetap bertahan.

"Ada beberapa tadi yang terindikasi mengajak mereka untuk bertahan, akhirnya kita amankan dan kita bawa ke Polda," ujarnya kepada awak media.

Baca Juga: Masjid Raya Sumatera Barat Buncah! Belasan Orang Diamankan Polisi, Wartawan Diintimidasi

Sementara itu, Kombes Pol Djajuli mengatakan, kehadiran Polda Sumbar di lokasi yang akhirnya menimbulkan kericuhan hanya bertujuan untuk membantu mobilisasi massa kembali ke Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat.

"Kita membantu masyarakat Air Bangis biar pulang, biar bisa melanjutkan kegiatan mereka mereka. Yang anak-anak bisa sekolah, yang bapak ibuk melaksanakan kegiatan di rumah, biar bisa melanjutkan kegiatannya," tuturnya.

Menanggapi aksi unjuk rasa yang dimulai sejak 31 Juli 2023, Karo Ops Polda Sumbar mengungkapkan bahwa aksi tersebut sebaiknya diakhiri.

Baca Juga: Viral! Perampokan Bersajam di Balai Gurah Agam, Polisi Buru Pelaku

Ia berargumen bahwa unjuk rasa yang sudah berlangsung selama lima hingga enam hari tersebut mulai mengganggu hak pengguna jalan dan memengaruhi masyarakat secara keseluruhan.

"Kita lihat kan sudah lima enam hari disini. Unjuk rasa di tempat gubernur tanpa izin, itu cukup mengganggu lalu lintas, mengganggu masyarakat yang lain, sehingga hari ini kita mengimbau dan mengajak kembali ke tempat masing-masing," sebutnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat