bdadinfo.com

Ragam Julukan Kota Palembang dan Asal Usulnya, dari Kota Pempek hingga Venice of The East - News

Beragam julukan Kota Palembang dan asal usulnya. (Pixabay.)

- Indonesia dijuluki sebagai negara kepulauan yang memiliki beragam pulau dengan kota-kota di dalamnya. Salah satunya yaitu Kota Palembang di Pulau Sumatera.

Palembang merupakan kota terbesar yang dapat ditemukan di Provinsi SUmatera Selatan. Palembang juga terkenal dengan berbagai macam julukan yang unik.

Selain dikenal dengan julukan kota pempek, ternyata Kota Palembang masih memiliki beragam julukan lainnya. Julukan-julukan ini mengacu pada ciri khas yang ada di Palembang sendiri.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik tentang Provinsi Riau: Eksplorasi Keunikan dan Keindahan

Apa saja julukan yang disematkan terhadap kota palembang? Simak artikel ini sampai habis ya.

Dilansir dari kanal YouTube True Back History Official pada 9 agustus 2023, terdapat sederetan julukan yang diberikan untuk Palembang dan asal usul ceritanya, yaitu:

1. Kota Pempek

Tidak lain dan tidak bukan, Palembang mendapat julukan sebagai kota Pempek. Hal ini merujuk pada makanan khas Palembang yaitu pempek. Bahkan, sudah terkenal hingga penjuru negeri.

Baca Juga: Deretan Stasiun Kereta Api Aktif di Sumatera Barat, Tawarkan Fasilitas dan Akses Mudah

Makanan ini terbuat dari daging ikan yang digiling dan tepung kanji, kemudian dimasak dan dimakan dengan siraman kuah yang khas. terdapat banyak jenis pempek diantaranya pempek lenjer, kapal selam, pistel, dan lainnya.

2. Kota Tertua

Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang berumur 1340 tahun sejak penemuan prasasti Sriwijaya yang disebut sebagai Prasasti Kedudukan Bukit. Prasasti ini diperkirakan sebagau peninggalan Kedatuan Sriwijaya.

Prasasti itu dianggap sebagai monumen proklamasi tentang pendirian Ibukota Kedatuan Sriwijaya di sebuah wilayah yang sekarang dikenal sebagai kota Palembang.

Baca Juga: Wota Merapat! 3 Member JKT48 Ini Ternyata Asli Palembang, Ada yang Pernah Jadi Anggota Tertua

3. Kota Batang Hari Sembilan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat