bdadinfo.com

Menyantap Kue Bhoi, Kuliner Khas Aceh yang Dulu hanya Dihidangkan untuk Bangsawan - News

Kue Bhoi khas Aceh (Tokopedia.com)

Selain destinasi wisata, Aceh juga terkenal dengan kuliner khas yang menarik, hidangan bangsawan bernama kue bhoi salah satunya.

Masyarakat Aceh sudah tidak asing lagi dengan bhoi, kue khas Aceh ini hanya dinikmati oleh kalangan bangsawan saja pada masanya.

Kini, bhoi yang dahulunya hanya diperuntukkan bagi kalangan bangsawan sudah bisa ditemui di pasar tradisional di Aceh, bahkan bisa dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan, BEM UNRI Kirim Surat Pernyataan Sikap ke Presiden Jokowi

Dilansir dari website daerahkita.com pada 18 Agustus 2023, Bhoi merupakan panganan kalangan ningrat termasuk keluarga Sultan Iskandar Muda.

Kudapan ini disajikan pula kepada tamu kehormatan yang berkunjung. Sajian ini juga biasa ditemukan pada saat upacara adat perkawinan.

Bhoi pada masa itu dijadikan bandingan kasta keluarga dari seorang perempuan yang ingin menikah.

Baca Juga: Jadi yang Termegah di Sumatera Barat, Terminal Anak Air Malah Sepi Peminat, Nasibnya Bakal seperti Bengkuang?

Bhoi hanya dihidangkan kepada mempelai pria sebagai salah satu syarat adat yang wajib dipenuhi dan tidak boleh dimakan.

Seiring berkembangnya zaman, kue dengan rasa manis dan memiliki berbagai bentuk ini sudah bisa lebih mudah ditemui di beberapa tempat di Aceh.

Bahkan masyarakat membelinya untuk keperluan oleh-oleh dan santapan sehari-hari. Bhoi biasa dihidangkan bersama dengan kopi atau teh hangat.

Baca Juga: Soal Masalah di Sepak Bola Nasional, Erick Thohir Optimis akan Integritas Komite Etik dan Komite Banding PSSI

Bhoi juga dijadikan sebagai bagian dari seserahan pengantin pria untuk wanita pada acara pernikahan.

Bhoi juga digunakan untuk buah tangan ketika berkunjung ke rumah saudara atau acara khitanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat