bdadinfo.com

Menjelajah Kreatif Terong, Desa Wisata di Belitung yang Berkelas Dunia - News

Desa Wisata Kreatif Terong Belitung (Kemenparekraf.go.id)

- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan potensi pariwisata Indonesia, khususnya desa wisata, memiliki kualitas dunia sehingga sangat penting untuk terus mengembangkan potensi tersebut.

Potensi tersebut salah satunya dimiliki oleh Desa Wisata Kreatif Terong yang terletak di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Menparekraf Sandiaga saat berkunjung ke Desa Wisata Kreatif Terong pada Jumat (2 Juni 2023) dalam rangka Rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023, sekaligus mengukuhkan Desa Wisata Kreatif Terong sebagai salah satu 75 Objek Wisata Unggulan Desa ADWI. 2023.

Baca Juga: Sinopsis Overdrive, Aksi Dua Bersaudara Mencuri Mobil Mewah, Tayang di Trans TV Hari Kamis, 24 Agustus 2023

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kunjungannya mengatakan, “Desa Wisata Kreatif Terong (Potensi) ini merupakan bukti pariwisata kelas dunia. Selain potensi wisata alam, saya juga sangat tertarik dengan potensi ekonomi kreativitas tempat ini”.

Desa Wisata Kreatif Aubergine merupakan desa yang terletak di jalur wisata utama Belitung.

Didukung oleh keberadaan Kelompok Sadar Wisata Dinamis dan Produktif (Pokdarwis), Desa Wisata Kreatif Terong memiliki keunggulan dalam pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Salah satunya dilakukan di destinasi wisata Aik Rusa'Berehun.

Baca Juga: Gak Peduli Nasib Maguire, MU Incar Bek Tengah Nice Todibo

Kawasan tersebut dulunya merupakan tambang timah tua yang oleh Pokdarwis dan masyarakat dijadikan destinasi berkelanjutan.

Masyarakat melakukan renovasi secara mandiri dan dalam kurun waktu tiga tahun, yaitu tahun 2013 hingga 2016, lahan bekas pertambangan diubah menjadi destinasi wisata.

Pendanaan awal berasal dari sistem iuran keanggotaan komunitas sebesar Rp 10.000 per bulan. Akhirnya setelah Aik Rusa'Berehun, komunitas pariwisata mampu mandiri dan menunjukkan konsistensi.

Baca Juga: Wow! Kartu Kuning Lucas Paqueta Ternyata Hasil Taruhan, FA Bakal Lakukan Penyelidikan

Pemerintah Desa Terong sudah mulai mengucurkan APBD Desa Terong periode 2016-2018 untuk membangun infrastruktur dan prasarana pariwisata.

Saat ini Aik Rusa'Berehun telah bertransformasi total menjadi sebuah destinasi khususnya wisata edukasi dengan sarana dan prasarana yang mumpuni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat