bdadinfo.com

Calon Metropolitan nih! Inilah 5 Kota Besar di Sumatera Barat, Nomor 3 Kota Wisata yang Turun Posisi - News

Deretan kota di Sumatera Barat yang disebut kota besar (sumbarprov.go.id)

Provinsi Sumatera Barat memiliki sebanyak sembilan belas wilayah otonom yang masuk ke dalam data administrasinya.

Dari sembilan belas daerah tersebut, terdapat tujuh wilayah yang berstatus kota dan diantaranya merupakan kota besar berdasarkan beberapa aspek.

Untuk wilayah berstatus kota terdapat beberapa kategori tingkatan dari kota kecil, sedang, besar, metropolitan hingga mega metropolitan.

Baca Juga: Sastrawan Asal Sumbar, Chairul Harun Ternyata Pernah Jadi Pimpinan Redaksi di News

Sayangnya, Sumatera Barat belum memiliki kota berkategori metropolitan seperti di provinsi lainnya di Pulau Sumatera seperti Kota Medan di Sumatera Utara.

Kini, dari lima kota besar yang akan dibahas ini hanya ada satu kota besar dan empat kota sedang.

Meskipun hanya satu kota yang berstatus kota besar, empat kota lainnya bisa dikategorikan "besar" jika dilihat dari rata-rata nilainya dengan kota lain di provinsi ini.

Berikut adalah daftar lima kota terbesar di Provinsi Sumatera Barat:

Baca Juga: Makna Ungkapan dalam Kutipan Teks Novel Sejarah, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 64 Semester 1

1. Kota Solok

Di posisi paling kecil ada Kota Solo, uniknya, kota ini hanya memiliki dua kecamatan di cakupan wilayahnya dan tidak mengikuti aturan pemerintah.

Peraturan Pemerintah menyatakan minimal untuk sebuah kota memiliki minimal empat kecamatan. Walaupun begitu, kota ini berpenduduk 75.850 jiwa dari data tahun 2022.

Angka pertumbuhan penduduknya adalah yang paling tinggi dalam kurun waktu dua tahun yang mencapai 1,86 persen per tahun.

Baca Juga: Menyusuri Jejak Suku Mentawai, Kekayaan Budaya Tertua di Kepulauan Mentawai

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat