bdadinfo.com

Daftar Bangunan Peninggalan Belanda di Sumatera Barat yang Kini Masih Berdiri Kokoh, Ada Jam Gadang! - News

Bangunan peninggalan Belanda di Sumatera Barat (travelspromo.com)

- Bertahun-tahun dijajah Belanda, tentu banyak bangunan peninggalannya di berbagai penjuru Indonesia, termasuk di Sumatera Barat.

Salah satunya yang terkenal ada Jam Gadang di Bukittinggi.

Namun, selain itu juga ternyata masih banyak sisa peninggalan Belanda lainnya.

Dulu menjadi saksi bisu kekejaman Belanda kepada pribumi, sekarang berbagai peninggalan di bawah ini dimanfaatkan sebagai destinasi wisata Sumatera Barat:

Baca Juga: Kelezatan Tersembunyi Pulau Mentawai, Anggau Siboik-boik, Hidangan Laut yang Langka

1. Jam Gadang

Jam Gadang yang menjadi ikon terkenal dari Sumatera Barat berlokasi di Bukittinggi selesai dibangun pada 1926 di bawah perintah Ratu Belanda, Rook Maker.

Apakah kamu tahu Big Ben di London? Ya, Jam Gadang secara langsung mendatangkan jam dari Rotterdam dan digerakkan secara mekanik oleh mesin seperti pada Big Ben di London.

Namun, bentuk atap Jam Gadang yang saat ini dapat disaksikan adalah perubahan ketiga setelah adanya campur tangan Jepang dan peranan pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Perjalanan Intelektual dan Kiprah Inspiratif Lafran Pane, Pemikiran dan Pengabdian Seorang Intelektual Muslim

Pertama kali, atap Jam Gadang ini bulat dengan ayam jantan.

Kedua, ketika masa penjajahan Jepang, atapnya dibuat pagoda.

Kemudian terakhir seperti yang bisa kita saksikan sekarang adalah pengaruh setelah kemerdekaan dengan bentuk gonjong pada bagian atapnya.

Baca Juga: Anies-Muhaimin Iskandar Siap Berebut Kursi Puncak, Demokrat Dipaksa Terima Keputusan Kerja Sama Partai NasDem

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat