bdadinfo.com

Menurut Ahli, Jika Tersambung Jembatan Selat Sunda akan Bwa Manfaat Ini bagi Sumatera dan Jawa - News

Ilustrasi (unsplash.com)




- Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Sumatera dan Jawa merupakan wacana pembangunan yang sudah berumur puluhan tahun. Proyek Jembatan Selat Sunda ini sayangnya belum menemui titik terang hingga berita ini diterbitkan.

Namun semisal proyek ini terealisasikan, bagaimana potensi manfaat jembatan tersebut bagi Sumatera dan Jawa menurut ahli di bidangnya?

Simak selengkapnya mengenai kemungkinan manfaat Jembatan Selat Sunda (JSS) sebagaimana dilansir dari jembatanselatsundatripartiet.itb.ac.id dan dephub.go.id.

Baca Juga: Awas Kena Buka Tutup, Ini 29 Ruas Jalan di Jakarta yang Kena Rekayasa Lalin KTT Asean 2-7 September 2023

Mega proyek ini merupakan gagasan yang berumur puluhan tahun, melirik ke tahun 1960 di era Presiden Soekarno.

Pada tahun tersebut, wacana pembangunan ini masuk ke dalam Rencana Pembangunan Nasional Semesta Berencana PNSB tahun 1965-1969.

Meski telah melalui sejumlah pertimbangan, diskusi, dan berbagai macam perhitungan, proyek ini sayangnya belum menemui titik terang untuk direalisasikan per awal September 2023.

Lantas, bagaimana sebenarnya potensi manfaat ekonomi yang muncul semisal jembatan tersebut terealisasi?

Baca Juga: Dianggap Organisator Ulung, Muhaimin Iskandar Jadi Ketua Organisasi Skala Nasional Sejak Usia 25 Tahun!

Lebih spesifik, jembatan ini direncanakan untuk menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera tepatnya melalui Provinsi Banten dan Provinsi Lampung.

Kedua provinsi ini memiliki potensi ekonominya masing-masing. Jika keduanya terhubung dengan jembatan, maka akan timbul sejumlah manfaat.

Hal ini dipresentasikan pada seminar Strategic Region & Sunda Strait Bridge Development oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum pada tahun 2013 lalu.

Provinsi Lampung dikenal memiliki potensi ekonomi pertanian, perkebunan, pariwisata, serta memiliki industri pengolahan hasil panen dengan jangkauan nasional.

Baca Juga: Konsep 5 KP Relevan Dilanjutkan Menuju Indonesia Emas RPJPD Pesisir Selatan 2025-2045

Selain itu, wilayah metropolis Bandar Lampung memiliki peran sebagai pusat pemasaran dan distribusi untuk area sekitarnya.

Di sisi Pulau Jawa, potensi Provinsi Banten terletak di sektor wisata bahari, budaya, serta industri pergudangan dan distribusi.

Seminar tersebut menyebutkan bahwa JSS mempunyai peran penting untuk mengintegrasikan kedua provinsi tersebut.

Terhubungnya Provinsi Lampung dan Provinsi Banten dikatakan berpotensi memberikan sejumlah manfaat.

Baca Juga: Pemerintah Kota Bukittinggi Terapkan Kegiatan Belajar Mengajar 5 Hari Aktif, Simak Rincian Jamnya

Pulau Jawa terkenal dengan sentralisasi ekonomi yang tinggi. Dengan adanya JSS, sentralisasi ekonomi diperkirakan akan berkurang sehingga lebih tersebar dengan merata.

Selain itu, hal ini juga akan berimbas pada terbentuk dan berkembangnya kawasan ekonomi baru sehingga diperkirakan mampu menambah lapangan pekerjaan.

Bahkan tak perlu menunggu tersambung. Jika telah dimulai, proyek JSS akan memberikan sejumlah manfaat bagi kedua wilayah.

Manfaat-manfaat tersebut adalah terbukanya kesempatan kerja bagi kontraktor dan tenaga ahli internasional dan nasional, supplier material, serta penyedia alat berat.

Selain itu, proyek JSS juga berpotensi menggerakkan ekonomi dari sisi pasar modal serta pinjaman domestik.

Baca Juga: Ketua TP-PKK Agam ikuti Senam Santai Bersama

Jika proyek JSS rampung, maka akan tercipta sebuah alur alih teknologi, berkembangnya sektor pangan, retail, pendidikan, serta pelatihan.

Tak hanya sampai di situ, terhubungnya kedua pulau tersebut berpotensi mempercepat pembangunan serta perkembangan di Sumatera.

Pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) menyebutkan bahwa Pulau Jawa memiliki perkembangan ekonomi paling tinggi yakni sekitar 60 persen.

Kemenhub juga menambahkan bahwa JSS akan memberikan dampak positif bagi ekonomi kedua pulau. Adanya koridor ekonomi yang baru ini nantinya akan meratakan ekonomi.

Baca Juga: Bupati Pesisir Selatan Sampaikan Nota Ranperda Perubahan APBD 2023

Meski demikian, pihak Kemenhub juga menambahkan bahwa selain JSS, konektivitas antar daerah juga harus ditingkatkan dengan pembangunan di masing-masing wilayahnya.

Pembangunan tersebut penting untuk meningkatkan sarana transportasi di tiap daerah, tak hanya di Jawa namun juga Sumatera, agar perekonomian semakin meningkat.

Demikian informasi mengenai kemungkinan manfaat yang muncul jika Jembatan Selat Sunda tersambung nantinya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat