bdadinfo.com

Siap-siap Google Akan Hapus Jutaan Akun Gmail Desember Nanti, Berikut Cara Amankan Akun - News

Ilustrasi (Pexels)





- Google telah mengumumkan peringatan kepada pengguna Gmail mengenai penghapusan akun. Bagi pengguna Gmail, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengecek akun kalian.

Sebab, Google akan menghapus jutaan akun Gmail dalam upaya memperketat keamanan penggunanya di tengah kekhawatiran peretasan dan penipuan.

Penghapusan akun Google secara otomatis juga akan membuat semua konten yang terhubung dengan akun tersebut ikut terhapus.

Baca Juga: Jaga Kesehatan! 9 Penyakit Ini Mengintai Saat Cuaca Panas Ekstrem, Nomor 3 Bisa Sebabkan Kematian

Raksasa teknologi ini mengumumkan kebijakan penghapusan akun Gmail dimulai pada 01 Desember tahun ini.

Untungnya, google akan mengirimkan peringatan secara bertahap sebelum benar-benar menghapus akun yang masuk dalam kriteria.

Adapun kriteria akun Gmail yang akan dihapus google adalah sebagai berikut:

- Akun Google yang tidak aktif selama dua tahun
- Akun Google yang tidak dipergunakan untuk login ke layanan Google selama lebih dari dua tahun. Seperti YouTube, Google Play Store, dan Google Drive.

Kebijakan tersebut, dikecualikan untuk akun yang memiliki channel, video, atau komentar YouTube; akun yang memiliki kartu voucher dengan saldo uang; atau akun yang memiliki aplikasi yang dipublikasikan, misalnya, akun yang menghosting aplikasi di Google Play Store.

Baca Juga: Genius Umar Berikan Pembinaan kepada Guru Agama dan Santri se-Kecamatan Pariaman Utara

Terhitung dari Oktober ini, kamu hanya memiliki waktu dua bulan untuk mulai mengoperasikan dan memperbaiki akun Google kembali.

Meskipun bagi sebagian orang hal ini terkesan merepotkan, akan tetapi jenis akun-akun yang memenuhi syarat penghapusan lebih beresiko terkena ancaman keamanan, virus, spam dan pembajakan akun.

Terutama bagi akun-akun yang sudah lama tidak digunakan, akun yang mengandalkan kata sandi lama dan tidak pernah diperbarui, akun yang tidak pernah diperiksa keamanannya secara rutin selama dua tahun terakhir, dan akun yang gagal melakukan verifikasi dua faktor.

Google memberikan pengumuman resmi terkait dengan masalah keamanan akun dan privasi pengguna, "Orang-orang ingin produk dan layanan yang mereka gunakan secara online aman dan terjamin. Itulah sebabnya kami telah berinvestasi dalam teknologi dan alat untuk melindungi pengguna kami dari ancaman keamanan, seperti spam, penipuan phishing, dan pembajakan akun." Dikutip dari Reuters, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga: Jalin Kemitraan dengan Masyarakat, Minimarket OMI Memberikan 5 Keuntungan Berikut

Cara Memperbaiki Akun Google Agar Tidak Terhapus

Adapun cara memperbaiki akun google agar tidak ikut terhapus pada 01 Desember 2023 adalah dengan:

- Login ke akun Google setidaknya sekali setiap dua tahun
- Membaca atau mengirim email
- Akun Google digunakan untuk Google Drive
- Akun Google digunakan untuk menonton video YouTube
- Akun Google digunakan untuk membagikan foto
- Akun Google digunakan untuk mendownload aplikasi
- Akun Google digunakan untuk browser penelusuran
- Menggunakan akun Google untuk login ke aplikasi atau layanan pihak ketiga

Untuk itu, bagi kamu yang tidak mau akun Google-nya terhapus, segera aktifkan kembali dan lakukan langkah-langkah yang disarankan di atas. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat