bdadinfo.com

Bertemu Menteri Nishimura, Puan Maharani Tawarkan Jepang Investasi di PSN Indonesia: Saya Turut Mengundang... - News

Puan Maharani tawarkan Jepang investasi di PSN Indonesia. (Instagram @puanmaharaniri)

HARIANALUAN.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang Yasutoshi Nishimura dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Negeri Sakura. 

Di hadapan Menteri Nishimura, Puan Maharani mengundang perusahaan-perusahaan Jepang bisa berinvestasi ke beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Jepang merupakan investor terbesar ke dua Indonesia dalam beberapa dekade terakhir.

Baca Juga: Deretan Proyek Tol yang Dihapus dari PSN, Tol Jambi Pekanbaru Digas Terus Agar Cepat Nyambung ke JTTS

"Saya turut mengundang investasi Jepang di sektor strategis di Indonesia seperti infrastruktur, energi, transportasi dan industri kendaraan elektrik," lanjutnya.

Pertemuan Puan Maharani dengan Menteri Nishimura sendiri merupakan kunjungan balasan setelah Menteri Ekonomi Jepang itu disambut di Gedung DPR RI pada awal September tahun lalu.

Di awal pertemuan, Puan menyampaikan apresiasi atas hubungan diplomatik Indonesia-Jepang yang sudah berjalan selama 65 tahun.

Baca Juga: Daerah Lain Proyeknya Dihentikan dari PSN, Riau Justru Siap Rampungkan Salah Satu Jalan Tol Terpanjang di JTTS

Puan lantas berbicara mengenai pentingnya peran Parlemen dalam hubungan diplomatik antar-negara. Hal ini lantaran Parlemen merupakan representasi dari rakyat.

Selaku mitra strategis Indonesia, Puan mengajak Jepang untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi terutama pada akses pasar produk perikanan Indonesia ke Jepang terkait dengan Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

"Kerja sama kedua negara telah berlangsung sangat baik dan perlu lebih melibatkan parlemen. Saya mengharapkan juga Jepang memberikan fleksibilitas untuk aturan impor produk perikanan, kopi dan sorbitol. Lalu diberikannya akses lebih besar di Jepang terkait penerimaan tenaga kerja sektor pariwisata," tuturnya. 

Baca Juga: Tajir Melintir! Ini Sosok di Balik Brand Fashion Mendunia UNIQLO, Orang Terkaya Pertama di Jepang

Di sisi lain, Puan menyinggung soal diperlukannya penyelesaian tepat waktu proyek-proyek investasi pada pembangunan proyek pembangunan di Indonesia yang mendapat dukungan dari Jepang.

Sekadar informasi, terdapat sejumlah Proyek Strategis Nasional yang mendapat dukungan investor asal Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat