bdadinfo.com

Deretan Proyek Tol yang Dihapus dari PSN, Tol Jambi Pekanbaru Digas Terus Agar Cepat Nyambung ke JTTS - News

proyek Jalan Tol Trans Sumatera, gagal tersambung hingga ke Aceh pada tahun 2024 mendatang usai sejumlah proyek dihentikan atau dikeluarkan dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

- Kabar terkini, terkait pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera, gagal tersambung hingga ke Aceh pada tahun 2024 mendatang usai sejumlah proyek dihentikan atau dikeluarkan dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Airlangga menambahkan, bahwa antara offtaker dan financial dari proyek tersebut belum closing.

Adapun berikut adalah sejumlah proyek dari rangkaian JTTS yang semula adalah proyek strategis nasional, kini telah dikeluarkan atau dihentikan dari PSN, antara lain:

Baca Juga: Jadi Tempat Belanja Online Barang Branded Artis, Begini Kisah Sukses Owner Zeta Bags: Gegara Ayah!

1. Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe
2. Jalan Tol Rantau Prapat - Kisaran
3. Jalan Tol Dumai - Sigambal - Rantau Prapat
4. Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli
5. Jalan Tol Muara Enim

Meski demikian, pemerintahan Presiden Jokowi juga telah mengupayakan pengrealisasian proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tersebut dari hanya sekedar wacana menjadi aksi nyata.

Sebagaimana diketahui, ide pembangunan infrastruktur Jalan Tol Trans Sumatera tersebut telah ada sejak masa Orde Baru.

Namun, hingga pada pemerintahan Presiden Jokowi proyek tersebut kembali digalakkan dan berhasil merampungkan pembangunannya dibeberapa daerah.

Baca Juga: Diperiksa hingga Jelang Subuh, Syahrul Yasin Limpo Dicecar 25 Pertanyaan oleh Penyidik KPK Usai Dijemput Paksa

Tentunya, mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera tersebut sangat diharapkan dapat direalisasikan pembangunannya hingga terhubung sepenuhnya sampai Provinsi Aceh.

Kemudian, proyek lain yang didepak dari daftar PSN ialah proyek Kawasan Industri Tanggamus, Lampung. Dilansir dari laman resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), konstruksi proyek ini direnakan dimulai pada 2018. Akan tetapi, sampai saat ini status proyek masih dalam tahap penyiapan.

Selanjutnya, pemerintah juga mencoret proyek Sistem Penyediaan Air Baku Bendungan Sidan, Bali, dari daftar PSN. Proyek ini rencananya dibangun dengan sumber dana dari APBN dan APBD dengan kebutuhan biaya investasi sebesar Rp 421 miliar.

Pemerintah juga mencoret sejumlah proyek terkait pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM). Proyek SPAM yang dihapus ialah SPAM Juanda, SPAM Jatigede, dan SPAM Kamijoro.

Baca Juga: Informasi Penting Teks Eksplanasi 'Mengapa Harus Hemat Listrik'. Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 94 95

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat