bdadinfo.com

Resmi 2021! Jembatan Triple Terpanjang Ini Penghubung Lalu Lintas Jalur Riau ke Sumatera Barat, Telan Rp25 M - News

Illustrasi jembatan triple (PIXABAY)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung konektivitas Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar sebagai wilayah pendukung.

Adapun wilayah pendukung yang masih berkembang dari sisi jumlah penduduk maupun aktivitas perekonomiannya masing-masing.

Dukungan tersebut salah satunya melalui pembangunan tiga duplikasi jembatan yang terletak di ruas jalan nasional Kota Pekanbaru dengan Kota Bangkinang sebagai Ibu Kota Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Baca Juga: Dengan 4 Jenis Rokok Ini, Dijamin Toko Kelontong Kamu Bakal Laris! Apa Saja?

Konstruksi duplikasi jembatan sudah rampung 100 persen dan dalam tahap diserahterimakan sementara atau Provisional Hand Over (PHO) pada Maret 2021 yaitu Jembatan Sei Poro, Jembatan Sei Bakan, dan Jembatan Sei Belanti.

Pembangunan jembatan dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Riau, Ditjen Bina Marga sejak pada kontrak 23 Januari 2020 dengan biaya APBN sebesar Rp25 miliar sebagaimana dikutip dari pu.go.id.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pembangunan jalan dan jembatan memiliki peran penting.

Baca Juga: Menentukan Fakta dan Opini dari Artikel tentang Difabel, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 92

Khususnya sebagai backbone dalam pengembangan konektivitas antar wilayah dalam rangka memperlancar distribusi logistik di Indonesia.

"Konektivitas yang semakin lancar akan mengurangi biaya angkut kendaraan logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," kata Menteri Basuki.

Kehadiran duplikasi jembatan tersebut digunakan oleh masyarakat karena akan mengurangi kemacetan.

Baca Juga: Pilih Menepi dari Dunia Politik, Anak Semata Wayang Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto Sukses Jadi Desainer

Hal itu akibat tingginya volume lalu lintas sehari-hari sekaligus akses angkutan logistik dari dan menuju Provinsi Riau dengan Sumatera Barat.

Masing-masing konstruksi duplikasi jembatan terletak di samping jembatan eksisting untuk mengurangi beban lalu lintas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat