bdadinfo.com

Resmikan Tol Indralaya - Prabumulih, Jokowi Bandingkan Pembangunan Tol Indonesia dengan China, Kalah Telak! - News

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih (Youtube Hutama Karya)

- Kamis, 26 Oktober 2023 kemarin menandai resminya salah satu ruas Tol Trans Sumatera yaitu Tol Indralaya-Prabumulih.

Tol ini sebelumnya telah dibuka tanpa tarif pada tanggal 30 Agustus 2023 setelah dibangun sejak 2019.

Termasuk ruas Tol Indralaya - Prabumulih, pemerintah saat ini sedang mengusahakan pembangunan jalan tol sepanjang 2800 km di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Fakta Berlanjut! Bikin Geger Petik Apel Dapat Kursi, Warganet Geer AHY Akan Dijadikan Mentan

Walaupun begitu ternyata jumlah tersebut sangat jauh tertinggal dengan negara tetangga yaitu Republik Rakyat Tiongkok atau China.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyebut bahwa negara RRT atau China telah memiliki sekitar 280 ribu km jalan tol yang telah dibangun di negara mereka.

Dalam sambutannya pun Presiden Jokowi menyampaikan terkait komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur di Indonesia untuk meningkatkan daya saing kita dengan negara lain.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PLN Edukasi Keselamatan Ketenagakistrikan dan Budaya Kerja SMK 2 Lubuk Basung

Peningkatan infrastruktur di Indonesia harus tetap dilaksanakan dengan melalui APBN, BUMN, swasta, atau bahkan ketiganya.

Dengan adanya peresmian Tol Indralaya - Prabumulih ini selanjutnya akan ada kecepatan mobilitas barang dan jasa sehingga daya saing negara menjadi semakin baik.

Seperti misalnya perjalanan Palembang ke Lampung sebelum adanya tol yang disinggung oleh Presiden Jokowi dalam pidatonya.

Baca Juga: PLN Siap Pasok Listrik Andal ke JIS saat FIFA World Cup U17, Pakai Pengaman Empat Lapis

Kala itu, perjalanan Palembang sampai Lampung bisa memakan waktu 10 sampai 12 jam, namun setelah adanya tol waktu terpangkas menjadi sekitar 3,5 jam.

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sendiri memiliki panjang hingga 64,5 km dengan dana yang dihabiskan sekitar Rp12,5 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat