bdadinfo.com

Dipastikan Bisa Rampung Akhir Tahun 2023, Berapa Dana Investasi yang Mengaliri Tol Indrapura-Kisaran? - News

Tol Indrapura-Kisaran (bpjt.pu.go.id)

- Salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang dikabarkan akan rampung di akhir tahun 2023 adalah ruas Tol Indrapura-Kisaran.

Sepanjang 47,75 km ruas yang menghubungkan Kabupaten Batubara dan Kabupaten Asahan di Sumatera Utara ini sebentar lagi akan segera dioperasikan.

Pembangunan ruas Tol Indrapura-Kisaran ini terbagi atas 2 seksi, yaitu seksi 1 Indrapura-Limapuluh dan seksi 2 Limapuluh Kisaran.

Baca Juga: Penyerahan Sertifikat Aset & Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Pemda Jateng Demi Memitigasi Korupsi

Masing-masing seksi memiliki panjang ruas yang berbeda, sepanjang 15, 6 km akan menghubungkan Indrapura-Limapuluh dan 32,15 km akan menghubungkan Limapuluh-Kisaran.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR, proses konstruksi untuk seksi 1 telah rampung.

Pelaksanaan Uji Laik Fungsi atau ULF untuk seksi 1 pun telah dilakukan pada awal September 2023 lalu.

Baca Juga: MenKopUKM: Rumput Laut Wakatobi Potensial Jadi Penggerak Hilirasi Nasional

Adapun seksi 2 sendiri sampai sekarang masih dalam tahap konstruksi yang dinyatakan telah memenuhi progres sejauh 83,99%.

Diketahui proyek infrastruktur yang akan menghubungkan Kabupaten Batubara dengan Kabupaten Asahan di Sumatera Utara ini dibangun dengan investasi senilai Rp6,05 triliun.

Dengan adanya ruas tol yang dibangun di Sumatera Utara ini diharapkan dapat menghubungkan sentra produksi yang ada di daerah tersebut sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Dapat Lampu Hijau Sejak Wacana dari 2012, Flyover Sitinjau Lauik Akan Mulai Groundbreaking Desember Mendatang

Selain itu, ruas Tol Indrapura-Kisaran dapat memangkas waktu tempuh perjalanan di wilayah Medan menuju Kisaran.

Perjalanan yang semula terhitung 4 jam sebelum adanya jalan tol akan dipangkas menjadi hanya sekitar 2 jam dengan adanya Tol Indrapura-Kisaran ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat