bdadinfo.com

Kabupaten Baru Lampung Tenggara Siap Memisahkan Diri dari Provinsi Lampung, Apa Dianaktirikan? - News

Kabupaten Lampung Timur menginginkan pembentukan Kabupaten baru bernama Lampung Tenggara telah memasuki tahap verifikasi berkas atau administrasi serta mekanisme terkait demografi wilayah tersebut.

- Isu pemekaran terus bergulir dibeberapa provinsi di Sumatera seperti Provinsi Lampung di mana salah Kabupaten Lampung Timur menginginkan pembentukan Kabupaten baru bernama Lampung Tenggara.

Wacana pemekaran Kabupaten Lampung Timur menjadi Lampung Tenggara telah memasuki tahap verifikasi berkas atau administrasi serta mekanisme terkait demografi wilayah tersebut.

Polemik Lampung Tenggara didukung penuh oleh DPRD Provinsi Lampung dikarenakan, hal ini dipandang sebagai sebuah terobosan untuk mempercepat dan pererataan pembangunan, melalui peningkatan kualitas serta kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat.

Baca Juga: Padahal Dulunya Bangunan ini Pernah Jadi Pura di Tengah Pasar Kulon Progo,Kini Jadi Tempat Buang Sampah?

Menanggapi hal tersebut Anggota DPRD Lampung, Mega Putri Tarmizi menegaskan bahwa pemekaran wilayah ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam memperpendek rentan kendali pemerintahan sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

Sementara, Sekretaris Panitia Pemekaran Lampung Tenggara, Ismail Riza mengatakan pemerkaran daerah yaitu Lampung Tenggara mengacu kepada ketentuan yang ada yakni peraturan pemerintah nomor. 78 tahun 2007 tentang tata cara pembentukan, penghapusan dan gabungan daerah.

Dia menjelaskan dua kecamatan masih dalam pembenahan administrasi sebagai syarat berdirinya Lampung Tenggara yakni Kecamatan Jay Jepara dan Kecamatan Labuhan Ratu.

"Selain dua kecamatan itu, administrasi telah rampung digarap dan siap untuk memenuhi syarat dan ketentuan berdirinya kabupaten baru," ungkapnya.

Baca Juga: Yuk Intip! Beginilah Progres Pambangunan di Daerah Sumbu Kebangsaan IKN

 Provinsi Lampung adalah sebuah provinsi di bagian ujung selatan Pulau Sumatra, Indonesia. Ibu kota dan pusat pemerintahannya berada di Kota Bandar Lampung.

Provinsi ini memiliki dua kota, yaitu Bandar Lampung dan Metro, serta 13 kabupaten. Posisi provinsi Lampung secara geografis di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Di sebelah timur dengan Laut Jawa, di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu, serta di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.

Provinsi Lampung memiliki pelabuhan utama bernama Pelabuhan Internasional Panjang dan Pelabuhan Penyebrangan Bakauheni, bandar udara utama yakni Bandara Internasional Radin Inten II terletak 28 km dari ibu kota provinsi.

Serta stasiun kereta api besar Tanjung Karang yang terletak di pusat ibu kota provinsi. Pada pertengahan tahun 2023, penduduk provinsi Lampung berjumlah 9.001.424 jiwa, dengan kepadatan 270 jiwa/km2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat