bdadinfo.com

6 Daerah Tersohor Penghasil Perempuan Sejahtera di Sumatera Barat, Bukan Bukittinggi Tapi Kota Malin Kundang Jawaranya - News

6 daerah tersohor penghasil perempuan sejahtera di Sumatera Barat dengan nilai IPM tertinggi di provinsi Sumatera Barat.

 - Ada 6 daerah tersohor penghasil perempuan sejahtera di Sumatera Barat dengan nilai IPM tertinggi di provinsi Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah.

Baca Juga: Bingung Mau Melanjutkan Kemana? Inilah Rekomendasi 10 Kampus Terbaik di Lampung

Dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai masuk ke Provinsi Sumatera Barat.

Dari utara ke selatan, Provinsi Sumatera Barat ini dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Baca Juga: Sempat Dikeluarkan dari PSN, Begini Nasib JTTS Penghubung Sumatera Utara dan Aceh: Semua hanya Omong Kosong? 

Pada tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Di mana Provinsi Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Memang wanita Provinsi Sumatera Barat atau Minangkabau dikenal sangat gigih sejak dahulu kala. Mereka sangat ulet dan cerdas dalam mengelola keuangannya. 

 Baca Juga: Membandingkan Shinkansen dengan Kereta Cepat Whoosh, Mana Lebih Unggul?

Penasaran? inilah 6 daerah tersohor penghasil perempuan sejahtera di Sumatera Barat yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Kota Padang Panjang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat