bdadinfo.com

Pencegahan Stunting dari Dini di Agam, Edi Busti Ajak Ibu Hamil Perhatikan Gizi - News

Pencegahan Stunting dari Dini di Agam, Edi Busti Ajak Ibu Hamil Perhatikan Gizi (IST)

- Wakil Ketua Tim Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Keluarga Berencana (TPPS) Kabupaten Agam, Edi Busti, menegaskan pentingnya pencegahan stunting sejak dini dengan memberikan perhatian khusus pada gizi ibu hamil.

Pada rakor stunting yang diadakan di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam pada Selasa 20 November 2023, Edi Busti mengatakan, upaya pencukupan gizi pada ibu hamil dan bayi adalah hal yang penting.

"Maka ibu hamil harus tercukupi kebutuhan gizinya, baik untuk ibu maupun janinnya," ucapnya.

Baca Juga: Sosialisasi Srikandi, Sekda Mawardi Roska: Perlunya Pemahaman Bagi Perangkat Pemerintah Daerah

Menurutnya, upaya ini harus dilakukan sejak dini agar anak lahir dalam kondisi sehat, dan tidak memerlukan penanganan khusus untuk menghindari stunting.

"Jika itu dilakukan, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, serta dapat menekan angka stunting di Kabupaten Agam," tambah Edi Busti, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Agam.

Ia mengimbau ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala guna memastikan perkembangan janin dan memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan.

Edi Busti juga meminta pihak yang terlibat dalam TPPS, mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat nagari, untuk menyosialisasikan informasi ini kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Menuju BRILIANPRENEUR 2023, BRI dan Kemendag Kolabs Latih UMKM Semarang Tembus Pasar Ekspor

Menurutnya, stunting dapat terjadi tidak hanya pada keluarga kurang mampu, tapi juga pada keluarga mampu.

"Stunting seringkali terjadi karena kurang pemahaman mengenai pemberian gizi pada anak. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi dan pencegahan stunting sejak dini," tegas Edi Busti.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi yang komprehensif dalam mengatasi masalah stunting, yang tidak hanya mencakup pemberian informasi tetapi juga memastikan implementasi program-program gizi pada tingkat masyarakat.

Dengan kerjasama antara TPPS, pemerintah kabupaten, dan masyarakat, diharapkan dapat diciptakan kesadaran yang lebih tinggi terkait pencegahan stunting, sehingga setiap ibu hamil dapat memberikan gizi yang cukup untuk perkembangan janinnya, menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas di Kabupaten Agam. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat