bdadinfo.com

DPR RI Bersama Kemenkes RI dan Pemko Bukittinggi Edukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Imunisasi Anak - News

DPR RI Bersama Kemenkes RI dan Pemko Bukittinggi Edukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Imunisasi Anak (IST)

- Komisi IX DPR RI, bersama Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dan Pemerintah Kota Bukittinggi menyelenggarakan acara sosialisasi penguatan imunisasi dalam gerakan masyarakat hidup sehat.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya memberikan imunisasi lengkap kepada anak-anak itu berlangsung di Gor Bermawi, Kota Bukittinggi pada Senin, 27 November 2023.

Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama, dalam imbauannya kepada masyarakat Bukittinggi, menekankan perlunya memberikan imunisasi lengkap kepada anak-anak.

Baca Juga: Caleg DPR RI Dapil Kalbar 2 Gulam Mohamad Sharon, Representasi Umat Muslim

"Pemberian vaksin akan melindungi tubuh anak terhadap infeksi sejumlah penyakit menular di masa mendatang," katanya.

Ia juga menyoroti pentingnya imunisasi dalam melindungi tidak hanya anak itu sendiri tetapi juga masyarakat lebih luas.

"Tidak hanya menghindarkan anak dari serangan penyakit serius, vaksinasi anak juga bisa melindungi masyarakat yang lebih luas, karena imunisasi membantu meminimalkan terjadinya penyebaran penyakit," tambahnya.

Pada acara tersebut, Ade Rezki Pratama menyampaikan pesan penting terkait dengan stunting, sebuah masalah serius yang menjadi fokus pemerintah.

"Dengan pemberian imunisasi, kita dapat mengantisipasi terjadinya stunting menuju Indonesia emas 2045," ujar Ade Rezki Pratama.

Baca Juga: Tim SAR Lanjutkan Pencarian Warga yang Hilang di Bungus Kota Padang

Dalam kesempatannya, Ketua Tim Kerja Imunisasi Tambahan dan Khusus Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Dr. Gertudis Tandy, MKM, menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam mendukung program imunisasi.

"Kesehatan masyarakat tidak akan terjamin meskipun fasilitas dan tenaga medis sudah disiapkan jika masyarakat tidak bersedia," ucapnya.

Gertudis juga memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat dan dampak jika seorang anak tidak mendapatkan imunisasi lengkap.

"Imunisasi salah satu upaya memberikan perlindungan terhadap seseorang dari penyakit yang bahkan dapat mengakibatkan kematian. Imunisasi lengkap dapat memberikan manfaat yang maksimal," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat