bdadinfo.com

Cara Bayar Tol Terbaru, Nggak Perlu Tempel Kartu di Pintu Tol, Tinggal Melintas Otomatis Terbayar - News

Pembayaran tarif tol ke depannya kendaraan tidak perlu lagi berhenti pada pintu tol untuk melakukan tapping kartu, hanya melintas dan tarif tol secara otomatis terbayarkan (Dok: Hutama Karya)

- Pemerintah Indonesia diketahui saat ini tengah mengupayakan sebuah terobosan terbaru terkait pembayaran tarif tol.

Sebagaimana diketahui, pembayaran tarif tol ini dilakukan saat pengendara memasuki gerbang tol atau pintu tol.

Pembayaran tarif tol sendiri telah mengalami sejumlah perubahan dari waktu ke waktu. Salah satunya dari perpindahan pembayaran uang tunai (cash) menuju tanpa uang tunai (non cash).

Baca Juga: Dibangun Pakai APBN, Jalan Tol IKN Membelah Rimba Hutan Kalimantan: Pangkas Perjalanan dari 2 Jam jadi 45 Menit! Rampung Lebaran 2024

Namun, diketahui pemerintah dalam waktu dekat akan mencoba menerapkan sebuah kebijakan baru terkait pembayaran tarif melintas jalan tol.

Adapun mekanisme pembayaran tarif baru tersebut, masyarakat yang melintas nantinya tidak perlu berhenti pada pintu tol untuk menempelkan kartu (tappin) e-money.

Masyarakat dapat melintas begitu saja saat tiba di pintu tol dan meneruskan perjalanan menuju ke lokasi tujuan.

Baca Juga: Sudah Lebih dari 50 Persen, Pembangunan Ngebut Jalan Tol IKN Targetkan Rampung Lebaran Tahun 2024: Kalimantan Sekarang Bikin Pangling!

Nantinya, saldo atau pembayaran tarif tol akan secara otomatis terpotong saat kendaraan melintas atau melewatii pintu tol.

Pembayaran tarif tol tanpa berhenti ini disebut juga dengan pembayaran nontunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Multi Lane Free Flow sendiri merupakan sebuah sistem pembayaran transaksi non tunai dengan menggunakan teknologi nirsentuh atau tanpa sentuhan.

Baca Juga: Inilah 5 Kecamatan di Jambi yang Bakal Kena Gilas Proyek Pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat, Masyarakat Sengsara atau Cuan?

Adapun teknologi yang digunakan pada sistem MLFF ini adalah  Global Navigation Satellite System (GNSS). 

Teknologi GNSS merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan dilakukannya sebuah transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat