bdadinfo.com

Tarif Tol Sumatera Paling Mahal? Simak Perbandingannya dengan Tol Jawa, Kalimantan dan Sulawesi - News

Ilustrasi (Pexels/Markus Spiske)




- Tarif ruas tol di pulau Sumatera ternyata menjadi yang termahal di Indonesia untuk saat ini, mengalahkan tarif tol di pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sejak pemerintahan era Joko Widodo, pembangunan proyek jalan tol di beberapa daerah Indonesia menjadi salah satu prioritas dalam upaya pemerataan infrastruktur.

Sejauh ini pemerintah telah membangun jalan tol sepanjang 217,8 KM yang tersebar di beberapa titik proyek, yakni di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Baca Juga: Menafsirkan Sampiran pada Pantun dan Hubungan Antar Larik, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 152

Tujuan dari pembangunan tol di beberapa daerah di Indonesia tidak lain untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah. Sehingga mobilitas masyarakat menjadi lebih mudah.

Sementara itu, penentuan tarif tol setiap ruas tol berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, ketentuan tersebut tergantung pada kemampuan pengguna jalan tol dalam membayar, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan jumlah investasi pembangunan tol.

Badan Pengatur Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melaporkan bahwa pada April 2023 ada lima ruas tol termahal dengan tarif di atas Rp100.000.

Baca Juga: Breaking News! Tak Kuat Nanjak, Truk Bawa Beras Terguling di Sitinjau Lauik

Ruas tol pemilik tarif termahal yang masuk dalam laporan tersebut adalah Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dengan dikenai tarif golongan I sebesar Rp170.000.

Tol ini disebut menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan total panjang 189,49 km. Lokasinya yang ada di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan, merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatera.

Sebelum membahas mengenai perbandingan tarif tol, terlebih dahulu kita mengetahui pembagian kendaraan yang masuk ke jalan tol.

Berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) PU Nomor 370/KPTS/M/2007, ada lima golongan kendaraan yang masuk ke jalan tol.

Kelima golongan tersebut dibagi sesuai berdasarkan kapasitas muatan. Semakin banyak gandar dan semakin besar muatan kendaraan, maka akan dimasukkan ke golongan yang tinggi.

Dimulai dari golongan I yang mencakup kendaraan jenis sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus. Kendaraan-kendaraan ini umumnya mengangkut penumpang berukuran kecil atau sedang.

Golongan I pula adalah jenis kendaraan yang paling banyak memasuki ruas jalan tol.

Kemudian golongan II, mencakup truk yang memiliki dua gandar. Truk-truk ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang ringan hingga sedang.

Baca Juga: Hebatnya! Pemilik Wardah dan 4 Crazy Rich Ini Ternyata Asal Sumatera Barat yang Tak Banyak Orang Tahu

Sedangkan golongan III, IV, dan V, adalah kendaraan truk yang masing-masing dilengkapi dengan tiga gandar, empat gandar, dan lima gandar. Semakin banyak jumlah gandar, maka semakin besar pula jumlah muatannya.

Perbandingan tarif tol di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi pada artikel ini hanya membahas kendaraan dengan golongan I, sebagai berikut.

1. Tarif Tol Sumatera

Tarif tol di Sumatera paling mahal ada di Tol Trans Sumatera, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, yakni Rp17.500.

Rute tol tersebut adalah Palembang - Lampung yang memiliki panjang 189,2 KM, dengan terdapat enam gerbang keluar tol.

Sedangkan untuk tarif tol termurah adalah Tol Binjai – Semayang, yakni Rp4.000. Rute ini dimulai dari Gerbang Tol Semayang hingga pintu keluar tol Binjai.

Baca Juga: Seluruh Ruas Tol Cinere-Jagorawi Diselesaikan: Kontribusi Besar untuk Jabodetabek

2. Tarif Tol Jawa

Tarif tol termahal di Jawa adalah Tol Cikopo - Palimanan, yakni Rp119.000. Tol ini memiliki panjang hingga 116 KM.

Tol ini menghubungkan wilayah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon Jawa Barat.

Kemudian tarif tol termurah di Jawa adalah Rp5000 di tol Dupa-Waru. Tol ini masuk dalam segmen ruas tol Surabaya-Gempol.

3. Tarif Tol Kalimantan

Tarif tol termahal di Kalimantan ada di jalur Balikpapan-Samarinda yang merupakan bagian dari Tol Trans Kalimantan.

Dengan panjang membentang sejauh 97,27 kilometer, tarif tol termahal tol ini adalah Rp146.500 untuk rute terpanjangnya dari Simpang Jembatan Mahkota II-Manggar.

Sedangkan tarif tol termurah adalah rute Manggar-Karang Joang, sebesar Rp16.000.

Baca Juga: Menganalisis Paragraf Opini dari Teks tentang Bahasa Populer dan Bunga di Angkasa Luar, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 150

4. Tarif Tol Sulawesi

Tarif Tol termahal di Sulawesi ada pada Tol Manado-Bitung, untuk jalur Gerbang Tol Manado-Bitung, sebesar Rp 44.000.

Tol Manado-Bitung membentang sejauh 39,8 km, dengan total 10 jalur pintu keluar tol.

Sementara itu tarif termurah ada di Tol Ujung Pandang atau Makasar, dengan jalur Gerbang Tol Tallo Barat, sebesar Rp4.500.

Tol Ujung Pandang memiliki 1, 2, 3, dan 4 seksi. Untuk seksi satu sampai tiga, tol ini memiliki panjang 10,1 KM dan untuk seksi empat sepanjang 11,6 KM.

Tol ini menghubungkan antara wilayah Pelabuhan Soekarno-Hatta, pusat kota, pusat komersial Panakkukang, Kawasan Industri Makassar, dan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat