bdadinfo.com

Proyek Tol Trans Sumatera Aman! Inilah Daftar 4 Proyek Jalan Tol di Indonesia Mau Dijual Pemerintah - News

Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur, Kementerian PUPR Reni Ahiantini mengatakan Proses lelang ulang Tol Getaci tahap pertama saat ini telah memasuki tahap pengumuman prakualifikasi (PQ) pada Oktober 2023.

- Pihak Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di mana keempat ruas tol yang siap lelang tersebut tersebar di Jakarta, Jawa Barat, hingga Bali akan dilelang pemerintah.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur, Kementerian PUPR Reni Ahiantini mengatakan
Proses lelang ulang Tol Getaci tahap pertama saat ini telah memasuki tahap pengumuman prakualifikasi (PQ) pada Oktober 2023. 

Keempat ruas tol yang siap lelang tersebut tersebar di Jakarta, Jawa Barat, hingga Bali sebagai berikut:

Baca Juga: Ada Kampung India! Intip dan Gali Kekayaan Kulturalnya Seputar Kisah 1 Desa di Sumatera Utara

1. Proyek Jalan Tol Getaci

Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap (disingkat Jalan Tol Getaci) adalah jalan tol di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki rute dari Gedebage (Kota Bandung), melalui Kabupaten Bandung, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, berakhir di Cilacap.

Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. Nilai investasi pembangunannya mencapai Rp 56,2 triliun.

Dengan panjang 206,65 km yang melintasi wilayah Provinsi Jawa Barat (169,09 km) dan wilayah Provinsi Jawa Tengah (37,56 km).

Baca Juga: Konstruksi Bandara Internasional Dibangun Oleh PT Gudang Garam Tbk Capai 94,31 Persen: Siap Layani Keberangkatan Haji dan Umroh di 2024

Ketika dioperasikan ruas jalan tol ini menjadi ruas jalan tol terpanjang pertama di Indonesia sebelum Jalan Tol Padang Pekanbaru (254,8 km) mulai beroperasi penuh.

Serta berperan penting dalam memecahkan masalah kemacetan lalu lintas dari Gedebage (Kota Bandung) hingga Cilacap, karena ditargetkan mampu menampung 10.800 kendaraan per hari.

Pembangunan Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap bertujuan untuk menghubungkan daerah Provinsi Jawa Barat dengan daerah Provinsi Jawa Tengah.

Mendukung sektor pariwisata di kedua daerah, juga mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan konektivitas antar-wilayah sebagai jalur logistik (akses pelabuhan dan bandara).

Baca Juga: Dikira Produk Luar Negeri! Eiger dan 4 Brand Outdoor Ini Ternyata Asli Brand Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat