bdadinfo.com

Apa sih Manfaat dari MLFF? Kebijakan Terbaru Bayar Tol Tanpa Perlu Berhenti untuk Tapping Kartu di Pintu Tol  - News

Ilustrasi kendaraan berhenti pada pintu tol untuk melakukan pembayaran tarif tol, diketahui ke depannya pemerintah akan menerapkan kebijakan MLFF (Dok: Pemerintah Jawa Tengah)

- Baru-baru ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkunjung ke Pulau Bali.

Kunjungan kerja tersebut dihadiri langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang didampingi oleh sejumlah pejabat.

Dalam kunjungan tersebut, salah satu agendanya adalah meninjau ruas Jalan Tol Bali - Mandara yang sedang melakukan simulasi  Multi Lane Free Flow (MLFF).

Baca Juga: Dibangun Pakai APBN, Jalan Tol IKN Membelah Rimba Hutan Kalimantan: Pangkas Perjalanan dari 2 Jam jadi 45 Menit! Rampung Lebaran 2024

Multi Lane Free Flow sendiri merupakan sebuah terobosan yang diketahui tengah diupayakan pemerintah perihal pembayaran tarif tol.

Multi Lane Free Flow merupakan sebuah sistem dimana pengendara yang melintas pada jalan tol dimungkinkan untuk tetap melintas dan melanjutkan perjalanan tanpa harus berhenti pada pintu tol untuk melakukan pembayaran.

Sebagaimana diketahui, kendaraan yang melintas di jalan tol akan berhenti pada pintu tol untuk melakukan tapping e-money atau menempelkan kartu e-toll untuk melakukan pembayaran tarif tol.

Baca Juga: Sudah Lebih dari 50 Persen, Pembangunan Ngebut Jalan Tol IKN Targetkan Rampung Lebaran Tahun 2024: Kalimantan Sekarang Bikin Pangling!

Namun, ke depannya, pengendara dapat melintas tanpa harus berhenti di pintu tol dan pembayaran akan diproses secara otomatis.

Mekanisme pembayaran terbaru tersebut yang sedang diupayakan pemerintah dalam waktu dekat.

Sistem MLFF sendiri dapat terlaksana berkat teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

Baca Juga: Inilah 5 Kecamatan di Jambi yang Bakal Kena Gilas Proyek Pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat, Masyarakat Sengsara atau Cuan?

Menteri PUPR sendiri optimis, jika MLFF ini dapat diterapkan di jalan tol di Indonesia dan teknologinya siap untuk diaplikasikan.

Menurutnya, tantangan hadir pada proses perpindahan atau peralihan dari pembayaran tanpa tunai (cashless) menuju pembayar nirsentuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat