bdadinfo.com

Perhelatan Seni dan Budaya Bimbang Nagari Tluk Kualo Inderapura 2023 Pesisir Selatan Dibuka - News

Perhelatan Seni dan Budaya Bimbang Nagari Tluk Kualo Inderapura 2023 Pesisir Selatan Dibuka (IST)


PESISIR SELATAN - Nagari Tluk Kualo Inderapura mengadakan perhelatan seni dan budaya, “Bimbang Nagari Tluk Kualo Inderapura Tahun 2023”. Ajang pagelaran seni dan budaya bangsa ini pertama kali diadakan di Kecamatan Air Pura, dan dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan, Rabu (29/11).

Wali Nagari Tluk Kualo Inderapura, Dedi Joafnaldi, S.Sos mengungkapkan pagelaran Bimbang Nagari Tluk Kualo Inderapura ini dapat diangkat menjadi agenda pariwisata daerah setiap tahun, dan dipublikasikan oleh media secara luas di daerah dan nasional.

Pagelaran Bimbang Nagari ini diilhami oleh konsepsi (spirit) “Adat Basandi Sarak, Sarak Basansi Kitabullah” atau ABS-SBK dengan tema “Cinta Nagari, Merawat Kebudayaan Menuju Desa Mandiri dan Berperadaban," yang dilaksanakan secara inklusif dan kolaboratif.

Baca Juga: 3 Faktor Ini Dinilai Jadi Fondasi Orang Minangkabau Menganut Sistem Matrilineal, Apa Saja?

“Untuk pagelaran BN Tluk Sikolo Tahun 2023 ini kita menggunakan anggaran/biaya program dana desa,” ucapnya.

Karanggo di batang kapeh, maniti daun salasiah, Lalu ka pucuak sagalonyo; Indak bahinggo jo balabeh, bukan basirok jo basisia, Sambah di lingkuang ka sadanyo.

Baca Juga: Uji Kompetensi Sistem Peredaran Darah Manusia dan Struktur Jantung, Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 283-286

Dikatakan, pada event seni dan budaya ini juga ditampilkan beragam hasil produk kuliner khas daerah, dengan brand lokal seperti Lokanasia dari Tluk Kualo Inderapura. Pihaknya berharap, produk UMKM yang merupakan brand lokal ini dapat dipopulerkan sebagai wujud cita pada warisan budaya dan kearifan lokal.

“Sebagai anak nagari kami berupaya untuk melestarikan kebudayaan, salah satunya ialah dengan digelarnya kegiatan Bimbang Nagari ini,”tukuknya.

Sementara Bupati Pesisir Selatan diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Pesisir Selatan, Gunawan, S.Sos, M.S.i, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pemerintah Nagari Tluk Sikolu Inderapura atas penyelengaraan event seni dan budaya tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah konkrit dalam rangka mempertahankan kebudayaan lokal ditengah tingginya arus perubahan.

“Hal ini penting sehingga kebudayaan tempo dulu tetap bisa dipertahankan dan tidak terdegradasi,” ucapnya.

Baca Juga: Jejak Pelanggaran Firli Bahuri sebelum Dipercaya Memimpin KPK, Saut Situmorang: Surat Rekomendasi Ditanggapi Hoaks oleh Komisi III DPR RI

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sangat intens memperhatikan sektor kebudayaan dengan mewacanakan pembentukan peraturan daerah tentang kemajuan kebudayaan yang didalamnya dimungkinkan untuk dilakukan inventarisasi kebudayaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat