bdadinfo.com

Otorita IKN Berencana Bangun Museum di Calon Ibu Kota Negara Indonesia, Tak Kalah dengan Museum Kelas Dunia! - News

Rencana pembangunan Museum kelas dunia di IKN (Pexels)

- Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menyiapkan pembangunan museum kelas dunia.

Menurut Pers Lokal, ini merupakan bagian harapan OIKN untuk menjadikan museum sebagai salah satu ikon baru bagi bangsa Indonesia.

Kata Kepala Badan OIKN, Bambang Susantono seusai mengunjungi salah satu museum di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, hari Jumat kemarin, ini dilakukan agar salah satu ikon di IKN menjadi kelas dunia.

Baca Juga: Film The Marvels Gagal Total di Box Office, CEO Disney Sebut Hal Ini sebagai Penyebabnya

Jenisnya masih perlu dirumuskan kembali nanti.

Nanti OIKN akan meminta pendapat para ahli seni dan budaya dan sekolah seni dan budaya, seperti IKJ, ISI serta para penggiat ahli.

Bambang mengatakan bahwa, demi mewujudkan keberagaman museum berkelas dunia di Nusantara, pihaknya telah berkomunikasi dengan budayawan, para penggiat seni, dan melakukan studi ke beberapa negara dengan museum-museum terkenal di dunia.

Baca Juga: Sifat Sombong Merupakan Salah Satu Dosa Besar dalam Pandangan Islam, Beginilah Penjelasannya

Ini semua dilakukan untuk membantu mendefinisikan museum berkelas dunia yang dapat merefleksikan keberagaman Indonesia di museum IKN.

“Kita melakukan beberapa perbandingan di Eropa di beberapa tempat, dan juga nanti kita akan konsultasikan dengan yayasan museum di Indonesia sehingga nanti kita akan mendapatkan yang terbaik,” jelasnya dalam kunjungan di Dubai.

Pembangunan di IKN merupakan salah satu proyek prioritas strategis yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional RPJMN 2020 hingga 2024.

Baca Juga: Habiskan Dana Rp4,5 Triliun, Pembangunan Jembatan Megah di Jawa Timur Ini Sempat Mandek 5 Tahun!

Pembangunan ini dilaksanakan dari 2022 hingga 2045.

Pemerintah Indonesia menargetkan IKN akan dibangun dengan dana sebanyak 80 persen dari investasi dan 20 persen dari APBN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat