bdadinfo.com

IKN Masuki Tahap Ketiga Groundbreaking, Investasi Besar-besaran Ditargetkan Mencapai Rp45 Triliun - News

Groundbreaking IKN (instagram @ikn_id)

- Pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN memasuki babak baru dimana pada bulan Desember 2023 ini dilanjutkan proses groundbreaking kembali.

Pada 2 bulan sebelumnya telah dilakukan groundbreaking tahap 1 dan tahap 2 yang meliputi bermacam-macam proyek seperti sekolah, rumah sakit, hotel hingga training center.

Di tahap ketiga ini dinyatakan akan ada 12 proyek yang melalui tahapan groundbreaking.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Asasmen 4 Kurikulum Merdeka Halaman 115-117 Penerbit Yudhistira

Peletakan batu pertama pada tahap 3 akan menyasar infrastruktur-infrastruktur dasar IKN yang terdiri atas tiga kategori yang merupakan garapan investor swasta dengan total nilai investasi sekitar Rp10 triliun.

Dari kategori pertama yaitu kategori hijau yaitu konsep green forest city yang diangkat dalam pembangunan IKN ini.

Adapun pihak investor untuk kategori hijau ini diantaranya Yayasan Arsari Djojohadikusumo untuk pulau suaka orang utan, kebun raya, dan reforestasi hutan IKN dan Green Movement Sabuk Hijau Nusantara Crowdsourcing untuk reforestasi.

Baca Juga: PKS: Jakarta Tetap Ibukota Negara, Bagaimana Nasib IKN Jika Anies-Muhaimin Menang? Lanjut atau Mangkrak?

Kemudian, pada tahap kedua dilakukan groundbreaking untuk kategori kawasan bekerja, kawasan tinggal, dan bermain.

Diantaranya adalah pembangunan Jambuluwuk Hotel and Resorts, Indogrosir, The Pakubuwono Development, Balikpapan Super Block, BSH Group, dan Grand Lucky.

Yang terakhir adalah kategori kantor lembaga negara yang antara lain terdiri atas pembangunan gedung Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, hingga BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Optimis Menang Capres 2024, Begini Janji Prabowo Jika Terpilih Gantikan Jokowi Jadi Presiden

Adapun terkait waktu dilaksanakannya groundbreaking ini masih belum dapat dipastikan dikarenakan mengikuti atau menyesuaikan jadwal Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, pemerintah saat ini pun tengah menargetkan kemungkinan adanya investasi besar-besaran hingga akhir tahun 2023 sebesar Rp45 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat