bdadinfo.com

Pemukulan Tontong Berusia 300 Tahun Awali Pembukaan FPM, Tanah Datar Memang Mempesona - News

Pembukaan FPM IV. (Prokopim)

- Ribuan masyarakat Tanah Datar dan berbagai daerah memadati Istano Basa Pagaruyung pada pembukaan Festival Pesona Minangkabau (FPM) VI yang digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pada 7 hingga 10 Desember 2023.

Tanah Datar memang semangkin mempesona. Pembukaan itu bahkan diawali pemukulan Tontong berusia 300 tahun yang berasal dari Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum.

Event itu dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Kurleni Ukar (Nike), Kamis (7/12/2023).

Baca Juga: Gebyar Kader PKK Tanah Datar, Bupati Eka Putra Akui Kader PKK Orang Hebat

Bersama Bupati Eka Putra juga hadir Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy,Wakil Bupati Richi Aprian, Bupati dan Walikota se Sumbar, anggota DPRD Sumbar dan Tanah Datar Forkopimda, bundo kanduang dan undangan lainnya.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan, Festival Pesona Minangkabau merupakan sebuah pesta perhelatan yang berisikan seni budaya dan kearifan lokal Minangkabau. Melalui event ini, ditampilkan kekayaan seni budaya Minangkabau yang telah dikenal seantero nusantara dan bahkan ke dunia internasional.

Ditambahkan Bupati Eka Putra, Kabupaten Tanah Datar sebagai wilayah tertua dan sebagai tempat asal usul etnis Minangkabau ikut bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak pupus tergerus zaman.

"Kita berharap agar dari bumi ranah Minang muncul api semangat untuk meningkatkan dan mengembangkan seni budaya Minangkabau, semoga kegiatan ini akan jadi pemicu dan pendorong bagi kita semua untuk memajukan seni tradisional yang seakan-akan terlupakan," harapnya.

Menurut Bupati , pada event tahun ini akan ditampilkan 40 sanggar seni anak nagari terbaik dan rangkaian budaya yang ada di Kabupaten Tanah Datar dan Luhak Nan Tigo Minangkabau. Tak hanya itu, juga ada penampilan sanggar dari Provinsi Jawa Tengah dan Jambi.

Dikesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tamu dan undangan, sponsor serta semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan tersebut.

Sementara Kurleni Ukar yang akrab dipanggil Nike menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemerintah Tanah Datar yang selalu menggerakkan budayanya.

"Tidak heran, jika festival pesona Minangkabau ini selalu masuk dalam kalender event nasional, karena selalu komit menyelenggarakan event budaya mulai dari tingkat nagari/desa sampai ke event besar saat ini," ucapnya.

InsyaAllah, tambah Nike, dengan melihat semangat Pemerintah Daerah dan masyarakat event Festival Pesona Minangkabau nantinya akan menjadi Event Nusantara.

"Saya yakin dengan penampilan tadi dan dengan adanya partisipasi seluruh lapisan masyarakat, FPM ini bisa terwujud menjadi event nusantara," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat