bdadinfo.com

Butuh Rp566 Triliun, Kereta Cepat Bandung-Surabaya Lebih Mahal dari Proyek IKN, Netizen: Ada Investornya? - News

Proyek Kereta Cepat Bandung-Surabaya lebih mahal dari IKN (Google User Content/Bedy Kharisma)

- Tahun 2023, proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung telah selesai dibangun.

Kini, muncul wacana baru terkait pembangunan kereta cepat dari Bandung hingga Surabaya.

Rencananya perpanjangan kereta cepat Bandung - Surabaya ini akan melewati Tasikmalaya dan Yogyakarta melalui jalur selatan Jawa.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menuai Kritik atas Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, Pengamat Transportasi: Jalan Tol Ini Bermanfaat Besar!!

Dilansir dari Instagram @goodstats.id, Menteri Perhubungan RI dan Menko Perekonomian RI memberikan pernyataan terkait wacana kereta cepat Bandung - Surabaya.

“Bahwa nanti diputuskan oleh pemerintah akan datang, ya monggo, tapi kita sudah letakkan dasar-dasar dan rencana ke depan seperti itu,” ucap Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI.

Airlangga Hartarto selaku Menko Perekonomian RI juga menjelaskan bahwa kereta cepat yang sudah dibangun hingga Bandung, jika bisa pembangunannya dilanjutkan.

Baca Juga: Lagi dan Lagi! Amerika Serikat Kembali Memberi Veto atas Resolusi Gencatan Senjata Palestina - Israel dalam Sidang DK PBB

“Kemarin sudah dirapatkan di dalam PSN (Proyek Strategis Nasional) dengan bapak Presiden, jadi kita coba ke depan untuk menyambung dari Bandung ke Jogja Surabaya,” ungkapnya.

Mengenai biaya pembangunannya sendiri, jika dengan asumsi biaya Kereta Cepat Jakarta - Bandung sebesar Rp776,19 miliar/km, maka pembangunan Kereta Cepat Bandung - Surabaya diperkirakan akan menelan biaya Rp566,48 Triliun.

Biaya tersebut, nyatanya lebih besar Rp100 triliun dari proyek IKN yang memiliki anggaran sebesar Rp466 Triliun.

Baca Juga: Keren! Tiongkok Tertarik Lakukan Kerja Sama dengan Indonesia untuk Garap Proyek Kereta Tanpa Rel di IKN, Deal?

Jika dibuat perbandingan antara Keceta Cepat Jakarta - Bandung dan Bandung - Surabaya memiliki perbedaan yang signifikan, yakni:

Kereta Cepat Jakarta - Bandung, 142 kilometer dengan biaya Rp110,22 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat