bdadinfo.com

Kasus COVID-19 Melonjak! Vaksin Booster Kembali Disiapkan, Netizen: Gak Butuh Vaksin, Butuhnya Duit - News

Illustrasi Covid-19 (Freepik.com/tirachardz)

– Kasus COVID-19 di Indonesia, saat ini menunjukkan adanya peningkatan kasus.

Peningkatan tren kasus COVID-19 ini terjadi sejak pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023.

Meskipun ada peningkatan tren kasus COVID-19, hal ini tidak diikuti dengan peningkatan rawat inap dan kasus kematian.

Baca Juga: Jangan Asal! Kenali Perbedaan Jam Tangan Asli dan Palsu Secara Detail, Biar Tidak Bingung Jika Membeli

Kasus COVID-19 kali ini, didominasi oleh subvarian EG.5. Subvarian EG.5 adalah turunan dari varian omicron yang masuk ke dalam kategori variants of interest (VOI).

Varian ini memiliki mutasi genetik yang diprediksi dapat mempengaruhi karakteristik klinis virus.

Karakteristik subvarian itu juga, dapat menyebabkan peningkatan kasus serta menghindari kekebalan yang lebih mudah menginfeksi, tanpa ada perubahan tingkat keparahan.

Baca Juga: Ini 7 Program Prioritas Kanwil Kemenag Sumbar

Apalagi dengan adanya mobilisasi masyarakat saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 memiliki potensi terhadap lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI, Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyatakan Kemenkes telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) mengenai Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus COVID-19.

SE ini ditujukkan kepada dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), direktur rumah sakit, kepala Laboratorium Kesehatan Masyarakat, kepala Puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Yuk Libur Akhir Tahun ke Sumatera Barat, 6 Destinasi Wisata Hits di Bukittinggi yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Kementerian Kesehatan juga menyatakan perlu adanya pencegahan penularan yang dilakukan secara serentak oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Dilansir dari Instagram @folkative, melonjaknya angka COVID-19 membuat Kemenkes akan menyiapkan vaksin booster lanjutan secara massal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat