bdadinfo.com

Deretan Daerah Termasyur Penghasil Nangka Terbesar di Sumatera Barat, Siapa Bilang Juaranya Padang? Ternyata Daerah Ini - News

Deretan Daerah Termasyur Penghasil Nangka Terbesar di Sumatera Barat, Siapa Bilang Juaranya Padang? Ternyata Daerah Ini

- Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Di mana Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Sumatera Barat dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Tokoh Masyarakat Ini Menentang Orang-orang di Sumbar yang Menolak Proyek Jalan Tol, Mantan Walikota Padang: Jangan Mengipas-ngipas Pembangunan Tol!

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada pertengahan tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.701.545 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baca Juga: Dapat Dukungan Internasional, Otorita IKN Janji akan Serius Jalani SDGS, Demi Rencana IKN Berkelanjutan?

Berdasarkan data dari Sumbar.bps.go.id, inilah lima daerah penghasil nangka terbesar di Sumatera Barat pada tahun 2022 sebagai berikut:

5. Kabupaten Solok Selatan

Kabupaten Solok Selatan adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat, dekat dengan Gunung Kerinci.

Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada tahun 2004 mencakup wilayah seluas 3.346,20 km².

Baca Juga: Hutama Karya Siapkan Ruas Jalan Tol Ini untuk Libur Nataru 2024, Catat di Mana Saja!

Secara administratif, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi di sebelah selatan dan dikelilingi oleh tiga kabupaten lain di Sumatera Barat dari barat ke timur: Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, dan Dharmasraya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat