bdadinfo.com

Legend! Cobain Minuman Yoghurt Lawas khas Sumatera Barat yang Cocok Dinikmati saat Nataru 2024, Intip Resep dan Cara Membuatnya - News

Cara membuat Ampiang Dadiah, minuman yogurt dari Sumatera Barat

- Secara legenda, Ampiang Dadiah sudah ada sejak zaman dulu, yang mana dari asal usul kata yang diambil kata Ampiang Dadiah berasal dari Bahasa Minang yakni "ampiang".

Ampiang Dadiah bermakna susu yang dikentalkan atau susu fermentasi dengan cita rasa.

Ampiang Dadiah ini terkenal hingga ke telinga pesohor dunia masak-memasak, yaitu Gordon Ramsay.

Baca Juga: Tampil Gemilang dalam Debat Cawapres, Tantowi Yahya Sebut Gibran sebagai Anak Haram Demokrarasi dan Bocil

Minuman ini dapat ditemukan di daerah Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar yang terletak di Jorong Ladang Laweh.

Adapun dalam proses pembuatannya adalah diperlukan satu orang menumbuk, satu menimang, dan satu lagi untuk merandang, sehingga dibutuhkan banyak orang untuk meraciknya.

Minuman ini dibuat melalui proses fermentasi, Sehingga hidangan ini memiliki rasa yang mirip dengan yoghurt atau bubur sumsum tentu dapat dihidangkan saat Nataru 2024.

Baca Juga: Konten Kreator Bikin Review tentang Teh Talua dari Sumatera Barat, Postingannya Banjir Komentar dari Indonesia

Kemudian, Ampiang Dadiah juga dapat dinikmati dengan sambal bawang dan sirih serta Dadiah juga cocok dijadikan lauk pendamping nasi ditambah sambal.

Ampiang dadiah ialah salah satu makanan atau minuman khas dari Sumatra Barat yang terdiri dari campuran ampiang dan Dadiah sebagaimana dikutip dari cookpad.com.

Ampiang yang terbuat dari beras ketan akan ditumbuk, sementara dadiahnya ialah susu kerbau yang difermentasi menjadi Kuliner yang paling dicari oleh Pelancong di Sumatera Barat

Lantas, seperti apa cara membuatnya dan bahan serta resep yang digunakan? Simak yuk:

Baca Juga: The Logan Sapphire, Salah Satu Batu Safir Biru 423 Karat Terbesar di Dunia

Bahan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat