bdadinfo.com

Tahap Konstruksi Jalan Tol di Riau Berprogres Signifikan pada Desember 2023, Sumbar Buru-Buru Kejar Ketertinggalan dengan Tol Padang-Sicincin - News

Tahap Konstruksi Jalan Tol di Riau Berprogres Signifikan pada Desember 2023, Sumatera Barat Buru-Buru Kejar Ketertinggalan (bpjt.pu.go.id)

– Penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini terus digesa, yakni salah satunya adalah mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Menurut PT Hutama Karya, sejumlah ruas tol sirip atau feeder dari JTTS mengalami progress yang signifikan.

Di antaranya adalah jalan tol yang berada di Provinsi Riau juga provinsi tetangganya, yakni Sumatera Barat (Sumbar) yang turut mengejar ketertinggalan.

Baca Juga: Tol Jambi – Rengat Didominasi Menerobos Kawasan Hutan dan Bukan Tanah Warga, Daerah Mana Saja yang Terdampak? 

Per 15 Desember 2023, berikut sejumlah ruas jalan tol yang tercatat memiliki progres yang signifikan:

Untuk progres konstruksi dan pengadaan lahan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang (STA 0-9 Km) sudah mencapai 100 persen.

Kemudian pengerjaan konstruksi jalan tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) sepanjang 24,7 km sudah mencapai 94,18 persen, dengan progres pengadaan lahan sebesar 99,08 persen.

Baca Juga: Hutan Seluas Ratusan Hektar di Riau Rela Ditebas demi Bangun Jalan Tol, Ruas JTTS Manakah yang Dimaksud? 

Lalu untuk progres pembangunan fisik jalan tol Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km mencapai 47,22 persen dengan progres pengadaan lahan telah mencapai 94,10 persen.

Menurut Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, selain ketiga ruas tersebut, Hutama Karya juga fokus mengerjakan penyelesaian salah satu ruas JTTS Tahap II.

Jalan tol tersebut yakni tol Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru dengan total panjang 30,57 km.

Baca Juga: Bukannya Menerobos Bukit seperti di Sumbar, Tol Riau Ini Justru Menembus Kawasan Hutan untuk Pembangunannya

Dengan pembangunan Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru yang terus dikebut maka konektivitas antardaerah melalui pembangunan infrastruktur yang merata akan semakin terdorong.

Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru juga akan mengkoneksikan sejumlah ruas tol di Riau, termasuk ruas yang sudah lebih dulu beroperasi yakni tol Pekanbaru-Dumai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat