bdadinfo.com

Jalan Terus! Tol Jambi – Rengat Tahapannya Sudah Sampai Sini, Kapan Mulai Konstruksinya?  - News

Jalan Terus! Tol Jambi – Rengat Tahapannya Sudah Sampai Sini, Kapan Mulai Konstruksinya?  (bpjt.pu.go.id)

– Sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan salah satunya adalah mega proyek pembangunan jalan tol di Sumatera harus rela dicoret.

Hal ini rupanya tidak berlaku untuk salah satu jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Jambi ini.

Tol Jambi - Rengat yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini dikabarkan akan terus berlanjut.

Baca Juga: Tahap Konstruksi Jalan Tol di Riau Berprogres Signifikan pada Desember 2023, Sumbar Buru-Buru Kejar Ketertinggalan dengan Tol Padang-Sicincin

Tol Jambi – Rengat adalah jalan tol yang sebagian besar bakal melewati wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Perkembangan pembangunan JTTS ruas Jambi - Rengat saat ini masih dalam tahap pengusulan di pemerintah pusat, sebab tol Jambi - Rengat itu tetap diprogramkan oleh pemerintah pusat.

Informasi ini ditegaskan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pembangunan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Provinsi Jambi, Benny pada Selasa tanggal 7 November tahun 2023.

Baca Juga: Tol Jambi – Rengat Didominasi Menerobos Kawasan Hutan dan Bukan Tanah Warga, Daerah Mana Saja yang Terdampak? 

Menurut Benny, secara program jalan tol Jambi - Rengat tetap akan berjalan dab hingga saat ini sedang menunggu persetujuan di Bapenas dan Kementerian Keuangan untuk melanjutkan pembangunan jalan tol Jambi - Rengat.

Tol tersebut sedang proses di pemerintah pusat dan diperkiraan untuk tahun ini belum dikerjakan namun Benny mengungkapkan saat ini pihaknya masih melakukan pemetaan lokasi dan memastikan lokasi dengan survei kondisi di lapangan.

Pembangunan akan dimulai paling cepat tahun depan karena saat ini masih harus membuat desain dan memastikan pendanaannya dari mana.

Baca Juga: Bukannya Menerobos Bukit seperti di Sumbar, Tol Riau Ini Justru Menembus Kawasan Hutan untuk Pembangunannya

Konstruksi jalan tol ini membutuhkan anggaran yang cukup besar oleh karenanya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Belum lama ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan bahwa proyek jalan tol Jambi - Rengat masih akan dilanjutkan karena mendapatkan dukungan pembiayaan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sebesar Rp23 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat