bdadinfo.com

Ancaman Baru: Korea Utara Klaim Sukses Uji Coba Peluru Kendali Hipersonik Terbaru - News

Korea Utara melakukan pengujian penerbangan peluru kendali berjangkauan menengah baru dengan bahan bakar padat (boombastis)

- Pada Senin, 15 Januari 2024, Korea Utara mengklaim telah melakukan pengujian penerbangan peluru kendali berjangkauan menengah baru dengan bahan bakar padat yang dilengkapi hulu ledak hipersonik.

Uji coba ini, sebagai bagian dari upaya pengembangan senjata yang lebih kuat dan sulit dideteksi, dirancang untuk menargetkan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Laporan dari media negara Korea Utara muncul sehari setelah militer Korea Selatan dan Jepang mendeteksi peluncuran dari situs dekat ibu kota Korea Utara, Pyongyang.

Baca Juga: Prakiraan BMKG: Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia, Himbauan Waspada dari BMKG Hingga 17 Januari

Ini merupakan uji coba balistik pertama Korea Utara pada tahun 2024, terjadi dua bulan setelah pengumuman berhasilnya pengujian mesin peluru kendali berbahan bakar padat baru, menunjukkan upaya meningkatkan kemampuan militer yang ditujukan ke pangkalan militer AS di Guam dan Jepang.

Uji coba ini bertujuan untuk menguji kehandalan mesin bahan bakar padat berstadium ganda yang baru dan kepala peluru kendali hipersonik berjangkauan menengah yang dapat dikendalikan.

Secara bersamaan dengan uji coba ini, delegasi yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Choe Son Hui berangkat menuju Rusia.

Baca Juga: Raja Ponsel Rp2 Jutaan? Tecno Spark 20 Pro Plus Beneran Punya Beragam Fitur Canggih Ini

Sejak tahun 2021, Korea Utara telah aktif menguji senjata hipersonik yang dirancang untuk mencapai kecepatan melebihi Mach 5, atau lima kali kecepatan suara.

Sistem-sistem ini memiliki potensi untuk menjadi tantangan serius bagi sistem pertahanan rudal regional karena kecepatan dan manuverabilitasnya.

Senjata hipersonik termasuk dalam daftar pengembangan aset militer canggih yang diumumkan oleh Kim Jong Un pada tahun 2021, bersama dengan misil multi-hulu, satelit mata-mata, misil berbahan bakar padat berjangkauan panjang, dan misil nuklir yang diluncurkan dari kapal selam.

Baca Juga: Real Madrid Juara Piala Super Spanyol Usai Libas Barcelona, Vini Jr Hat-trick dan Cetak Rekor Baru di El Clasico!

Sebelumnya, Korea Utara telah menguji misil balistik antarbenua (ICBM) berbahan bakar padat, menambah kearsenal senjatanya yang dapat menargetkan daratan Amerika Serikat.

Negara tersebut juga berhasil meluncurkan satelit mata-mata militer pertamanya pada bulan November.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat