bdadinfo.com

Prakiraan BMKG: Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia, Himbauan Waspada dari BMKG Hingga 17 Januari - News

Prakiraan dan peringatan cuaca buruk dari BMKG (Pexels)

- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan bahwa cuaca ekstrem masih berpotensi mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga bulan Februari mendatang.

Dalam konteks ini, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan siap-siaga menghadapi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi.

Situasi ini menegaskan perlunya kewaspadaan ekstra, mengingat cuaca ekstrem dapat mencakup hujan lebat, kilat, petir, dan angin kencang.

Baca Juga: Real Madrid Juara Piala Super Spanyol Usai Libas Barcelona, Vini Jr Hat-trick dan Cetak Rekor Baru di El Clasico!

BMKG menekankan agar masyarakat terus memantau perkembangan informasi cuaca dan mematuhi petunjuk keselamatan yang dikeluarkan oleh otoritas terkait untuk mengurangi risiko bencana.

"Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan yaitu di bulan Januari dan Februari,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di lansir dari laman bmkg.go.id.

Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," tambahnya.

Baca Juga: Porsche Carrera GT: Sembilan Bulan Menanti, Perbaikan Belum Selesai, Pemilik Dilarang Mengemudi

Seperti yang diketahui, beberapa daerah di Jawa Barat mengalami bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem pada tanggal 11 Januari 2024.

Kejadian tersebut mencakup banjir dengan lumpur dari meluapnya Sungai Cikapundung di Kota Bandung, hujan dan angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang di Pegaden Barat Kabupaten Subang, tanah longsor di Kecamatan Coblong Kota Bandung, serta di Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang dan Bungbulang Kabupaten Garut.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Hingga tanggal 13 Januari mendatang, potensi terjadi di sejumlah provinsi, antara lain:

Baca Juga: Raih Rekor! NewJeans Jadi Girl Group K-Pop Tercepat Raih 2 Juta Penjualan Album dan Lagu

1. Sumatera Utara

2. Sumatra Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat