bdadinfo.com

Waspada! BMKG Sebut Ada Potensi Cuaca Ekstrem Melanda Wilayah di Indonesia, Daerah Mana Saja? - News

BMKG Sebut Ada Potensi Cuaca Ekstrem Melanda Wilayah di Indonesia, Daerah Mana Saja? (Bmkg)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Gesofisika (BMKG) melalui Pembinaan, Pejabat pengelola, Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyebut akan terjadi potensi hujan intensitas hingga lebat di wilayah Indonesia.

Dilansir dari akun instagram @ppid_bmkg, BMKG, Kamis, 4 Januari 2024 menyebut dalam sepekan terakhir cuaca ekstrem hujan lebat telah memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor dibeberapa daerah.

Potensi hujan turun akan terus terjadi hingga pertengahan Januari 2024, dan BMKG akan terus melakukan update monitoring untuk mengantisipasi dampak dari pada cuaca ekstrem tersebut.

Baca Juga: Ramai! Seruan Tagar Tolak Gambar AI Trending di X, Ternyata Ini Alasannya

Serta berdasarkan analisis terkini terindentifikasi terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia yakni antara lain.

1. Monsun Asia musim dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampak terhadap potensi peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia.

2. Aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia.

Baca Juga: Keamanan Lapas Bukittinggi Diperketat, Pemeriksaan Lalu Lintas Barang Ditingkatkan

3. Kondisi semakin diperkuat dengan adanya gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan lama hingga 5 hari kedepan.

4. Selain itu, faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Melihat fakto-faktor tersebut sehingga akan ada potensi hujan intensitas hingga lebat disebabkan wilayah Indonesia antara lain.

Baca Juga: Dulu Satu dan Kini Dipisah, Kenali Perbedaan Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendidikan Pancasila

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Riau
5. Kep. Riau

Baca Juga: Genjot Populasi Sapi dan Kerbau, Distan Agam Raih Sukses dengan Inseminasi Buatan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat