bdadinfo.com

Medan Bebas Macet! Baru Launching, 6 Ribu Penumpang sudah Merasakan Bus Listrik Gratis Ini, Lewat Rute Mana Saja? - News

Masyarakat Medan antusias dengan Bus Listrik Gratis (portal.pemkomedan.go.id)

 

- Trend masyarakat kota Medan sangat terfokus pada keberadaan Bus Listrik Gratis Pemerintah Kota Medan.

Minat tinggi masyarakat terlihat dari fakta bahwa sepekan setelah mulai beroperasi, Bus Listrik Gratis Pemko Medan telah mendapatkan respon yang sangat positif.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis, mengungkapkan rasa syukurnya karena bus listrik ini mendapat respon luar biasa dari masyarakat. Saat ini operasional bus masih gratis karena dalam tahap uji coba.

"Alhamdulillah, Bus Listrik Gratis Pemko Medan sudah sepekan beroperasi dan minat masyarakat untuk menggunakan bus listrik ini terpantau sangat tinggi," ungkap Iswar.

Baca Juga: Begini Cara Urus Pindah TPS Pemilu 2024, Simak Syarat Beserta Langkah-Langkahnya

Dalam sepekan operasional bus ini, yakni mulai Jumat, 5 Januari 2024 hingga Jumat, 11 Januari 2024 sebanyak 5.917 penumpang telah menjajal bus ini.

Peluncuran bus listrik ini, menurut Iswar, merupakan tahap operasional Bus Rapid Transit (BRT) yang saat ini sedang dalam proses finalisasi Detailed Engineering Design (DED).

Dia menjelaskan bahwa koridor bus listrik ini akan memulai perjalanannya dari J-City, Kecamatan Medan Johor.

Rutenya mencakup Jalan Karya Wisata, A.H. Nasution (untuk mahasiswa USU), Jalan Jamin Ginting, Jalan Pattimura, Jalan Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan Pengadilan, Jalan Maulana Lubis (untuk kantor Wali Kota), Balai Kota, Putri Hijau, Jalan Guru Patimpus, Gatot Subroto, Iskandar Muda, Jamin Ginting, hingga kembali ke J-City.

Baca Juga: Mengenal Harakat dalam Ayat Al Quran, Kunci Jawaban PAI Kelas 1 Bab 6 Halaman 99 101 103 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Sebagai bagian dari konsep pelayanan, Iswar menekankan pentingnya keberangkatan tepat waktu.

Masyarakat diharapkan menunggu di halte yang telah ditentukan, karena bus hanya akan berhenti di halte yang telah ditetapkan, dengan waktu berhenti singkat sekitar 15 detik untuk penumpang turun-naik, sebelum melanjutkan perjalanan.

Rute bus listrik ini akan dilengkapi dengan 46 halte, yang akan diintegrasikan dengan halte yang sudah ada, ditambah dengan bus stop berupa rambu modern.

Dengan jumlah tersebut, jadwal keberangkatan dapat diatur, dengan frekuensi setiap lima belas menit pada jam sibuk dan setengah jam pada jam sepi. Iswar menegaskan bahwa bus listrik ini menjamin kenyamanan penumpang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat