bdadinfo.com

Bebas Macet! Infrastruktur Terbaru Seharga Rp200 M di Kota Medan Segera Rampung Tahun Ini - News

Urai kemacetan, underpass Gatot Subroto masih dalam tahap kontruksi

- Pembangunan underpass Gatot Subroto di Kota Medan, Sumatera Utara, secara resmi dimulai dengan simbolisasi penekanan tombol pada acara Ground Breaking pada Selasa 31 Oktober 2023.

Underpass ini memiliki panjang 750 meter dan menggunakan mesin Grab untuk galian struktur dinding diafragma. Terletak di ruas Jalan Gatot Subroto – Jalan Binjai Raya, underpass ini merupakan bagian dari ruas jalan nasional di wilayah perkotaan Medan.

Pembangunan underpass Gatot Subroto dilatarbelakangi oleh peningkatan mobilitas dan pertumbuhan wilayah pemukiman, yang membutuhkan peningkatan prasarana transportasi serta jaringan jalan yang lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Mau Dapat Cuan Dolar dari Facebook? Manfaatkan Mode Profesional, Begini Caranya!

Dengan pembangunan underpass ini dan penambahan lajur jalan dari dua lajur menjadi empat lajur, diharapkan dapat membantu mengurai kepadatan lalu lintas di area tersebut.

Pengerjaan Underpass Gatot Subroto Medan, yang dibangun untuk mengatasi kemacetan di wilayah tersebut, dijadwalkan selesai dalam waktu 365 hari.

 Underpass ini memiliki lebar jalur sebesar 7 meter dengan jumlah jalur 2x4 lajur. Selama proses konstruksi underpass, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan telah mengalihkan jalur kendaraan ke rute alternatif.

Saat ini, proses pembebasan lahan untuk pembangunan underpass tinggal 30 persen lagi dalam proses pembayaran.

Baca Juga: Antisipasi Efek Abu Vulkanik Gunung Marapi, Dokter Paru Turut Periksa Kesehatan Warga

 Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, dalam sambutan acara Ground Breaking menyatakan bahwa daerah Gatot Subroto merupakan salah satu pintu masuk penting ke Kota Medan, memiliki peran krusial dalam mendukung perekonomian kota tersebut.

 Oleh karena itu, pembangunan Underpass di Jalan Gatot Subroto dianggap sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan perekonomian.

"Pemko Medan berterima kasih kepada Kementerian PUPR atas usulan yang dilakukan oleh Pak Bobby Nasution. Alhamdulillah, pembangunan Underpass Gatot Subroto bisa terealisasi," kata Aulia Rachman.

Meskipun masyarakat Kota Medan akan merasakan dampak kemacetan selama setahun pembangunan Underpass, Aulia Rachman meminta kesabaran dan menekankan bahwa nantinya dampak positifnya akan terasa dalam pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Bukan di Swiss Tapi Sumbar! Jalan Tol Terowongan Termegah di Asia Tenggara Digarap Jepang Habiskan Dana Rp80,41 Triliun

"Jalan Gatot Subroto adalah penghubung antara Medan dengan kota Binjai dan sekitarnya. Di hari weekend, rutinitas masyarakat yang melintas di jalan ini sangat tinggi, terutama untuk berbelanja di Kota Medan, yang tentunya berkontribusi positif pada perekonomian kota," jelas Aulia Rachman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat