bdadinfo.com

Jambi Keren! Hanya Butuh 1,5 Jam Konstruksi Pembangunan Jalan Tol Pertama di Indonesia Inilah Hubungkan 3 Provinsi Sumatera - News

Pmbangunan jalan tol di Jambi (bpjt.pu.go.id)

- Pembangunan konstruksi jalan tol pertama di Indonesia dan dikabarkan juga akan jadi terpanjang di Sumatera rencananya akan memangkas jarak tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam.

Namun PT Hutama Karya Persero dipercaya untuk menggarap proyek pembangunan JTTS Bayung Lencir – Tempino seksi 3 yang menghubungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung. 

Adapun dalam penandatanganan kontrak proyek yang sudah dikerjakan pada 17 Mei 2023 lalu dengan skema Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT Wijaya Karya Persero, Tbk. 

Baca Juga: Progres Pembangunan Training Center PSSI: Lapangan Sepak Bola dan Rumah Sakit Mayapada Terus Berkembang di Kawasan IKN

Diketahui bahwa Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menyatakan bahwa proyek senilai Rp 2,76 Triliun yang ditargetkan rampung pada akhir Juni tahun 2024 mendatang. 

Selain itu Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino yang merupakan salah satu bagian dari proyek strategis nasional (PSN) ini telah mendapat pemerintah pusat, pemerintah daerah dan dukungan masyarakat. 

Sehingga pembangunan jalan tol ini sangat diharapkan dapat selesai tepat waktu sesuai dengan target penyelesaiannya dan bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar dan umum. 

Maka konstruksi Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi yaitu melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3km. 

Baca Juga: Pembaruan Proyek IKN: Presiden Jokowi Groundbreaking Masjid dan Kantor Otorita, Kawasan Pusat Pemerintahan Perlihatkan Progres Positif

Oleh karena itu secara keseluruhan panjang dari jalan Tol Betung - Tempino - Jambi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ialah 169,9km sebagaimana dikutip dari bpjt.pu.go.id. 

Pasalnya pembangunan proyek tersebut mencakup berbagai pengerjaan penting yaitu konstruksi jalan tol sepanjang 14,69km dan metode kerja pile slab sepanjang 0,615km serta overpass sepanjang 0,313km serta underpass sepanjang 93m.

Dengan diketahui Jokowi diam-diam membocorkan rahasia besar untuk jalan tol Bayung Lencir-Tempino yang akan mengubah jalur ekonomi Sumatera pada tahun 2024. 

Kehadiran Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino bukan hanya berada pada konektivitas melainkan juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata maupun distribusi jasa serta barang. 

Baca Juga: Desain Garuda IKN: I Nyoman Nuarta Ungkap Rencana Struktur Monumen Kantor Presiden dengan 4.560 Bilah Kuningan dan Skywalk 30 Meter

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat