bdadinfo.com

Warga Lagi Sedih, Ruas Jalan Tol Lhokseumawe – Sigli Dihentikan dari PSN, Apa Alasannya? - News

Ilustrasi Ruas Jalan Tol Lhokseumawe  (Acehprov.go.id)

Banyaknya pembangunan yang masih bagian dari proyek strategis nasional (PSN) hingga detik ini terus berlanjut terutama ruas utama Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Ruas utama Jalan Tol Sumatera ialah Jalan Tol Segmen Sigli - Banda Aceh dinyatakan rampung tahun ini sekaligus akan beroperasi demi mendorong perkembangan perekonomian di Provinsi Aceh.

Adapun, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono mengatakan keseluruhan investasi pembangunan ruas tol Sigli – Banda Aceh sebesar Rp12,35 triliun.

Baca Juga: Belum Lama Resmi, Konstruksi Pembangunan Jembatan Terpanjang di Sulawesi Tenggara Mampu Potong Waktu Tempuh 30 Jadi Cuma 3 Menit

Namun, ada beberapa bagian segmen Jalan Tol yang masih jadi ruas Tol di Banda Aceh dipastikan akan dihentikan oleh Pemerintah menurut kesaksian dari pernyataan resmi salah satu Menko Perekonomian di Indonesia.

Sedangkan pembangunan ruas Jalan Tol Sigli - Banda Aceh nantinya dapat menempuh waktu tempuh dari Aceh ke Lampung sekitar 2-3 jam menjadi 1 jam perjalanan.

Pasalnya, sebelum di operasikan Uji Laik Fungsi (ULF) telah dilaksanakan pada 6-7 Februari 2023 termasuk aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan sebagaimana dikutip dari acehprov.go.id.

Baca Juga: Real Madrid Pesta Gol ke Gawang Girona, Ancelotti: Vinicius Pemain Terbaik di Dunia Saat Ini

Dilanjut, sarana jalan, bangunan pelengkap, operasi dan administrasi serta telah memberikan pelatihan kepada petugas terkait kesamaptaan.

Serta, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya sehingga petugas telah siap dalam pengoperasiannya.

Menurut penyataan resmi dari Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa proyek dihentikan karena belum dimulai pekerjaannya atau dananya belum dicairkan.

Baca Juga: Wow! Dikirim Semen Berkualitas 236.000 Ton demi Konstruksi Jalan Tol Terpanjang di Aceh, Apa Namanya?

Proyek ruas Jalan Tol Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli dan Tol Langsa - Lhoksumauwe dipastikan harus keluar dari daftar PSN yang digadang - gadang akan menumbuhkan ekonomi kerakyatan dan mempermudah akses masyarakat.

Dalam keterangan kepada pers, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan bahwa keputusan itu dilakukan berdasarkan kajian terhadap sejumlah PSN yang belum dikerjakan hingga menjelang akhir tahun 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat